SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah haji Indonesia menggunakan masker (kemenag.go.id)

Haji 2016 persiapannya sudah hampir rampung.

Solopos.com, JAKATA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pihaknya terus melakukan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1437H/2016M. Proses persiapan di Arab Saudi berlangsung intensif, hingga hampir mendekati final.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Alhamdulillah persiapan terus dilakukan dan semakin intensif. Seluruh hotel di Mekah dan Madinah saat ini sudah selesai penyewaannya karena semuanya sudah selesai kita kontrak. Katering, baik di Mekah, Madinah, dan Arafah juga sudah selesai kita kontrak dengan perusahaan di sana. Juga transportasi darat antara Madinah ke Mekah, ini juga sudah,” kata Menag, Jumat (27/5/2016).

“Relatif hal ihwal pengurusan yang terkait di Tanah Suci sudah 95% nyaris selesai,” tambahnya seperti dilansir situs Kemenag.go.id.

Seiring persiapan di Tanah Suci, Kementerian Agama juga terus melakukan persiapan penyelenggaraan ibadah haji di  di Tanah Air. Persiapan tersebut, lanjut Menag, terkait dengan pembuatan paspor, pemvisaan, pengkloteran, dan lainnya. Namun demikian,  proses persiapan itu dilakukan sambil menunggu pelunasan jemaah haji Indonesia.

Sampai dengan penutupan, Jumat (27/05) pukul 15.00 WIB hari ini, data Monitoring Pelunasan Haji Reguler pada Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah menunjukan sebanyak 110.844 jemaah (71,95%) telah melakukan pelunasan. Selain itu, sudah ada 1.413 jamaah (18,17%) yang telah melakukan pelunasan BPIH dengan status cadangan.

“Kami tinggal menunggu beberapa hari ke depan. Kalau seluruhnya sudah melunasi, maka  proses pemvisaan, pengkloteran, dan lainnya dengan mudah bisa dilakukan. Mudah-mudahan kita bisa lebih siap di banding tahun kemarin,” tandasnya.

Sebelumnya, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Djamil menegaskan bahwa persiapan pemondokan bagi jemaah Indonesia di Mekah dan Madinah pada penyelenggaraan haji tahun ini sudah selesai seluruhnya. Menurutnya, selain jaraknya lebih dekat dengan Masjidil Haram dan kualitasnya juga bagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya