SOLOPOS.COM - Ilustrasi haji (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Haji 2015 telah dijadwalkan oleh Kementrian Agama.

Solopos.com, JAKARTA – Penyelanggaraan ibadah haji diperkirakan terjadi 22 September 2015. Tapi Kementerian Agama telah membuat rencana perjalanan haji (RPH) 1436H/2015M. Menurut RPH yang diperoleh Kamis (26/2/2015), proses penyelenggaraan haji 2015 dimulai 20 Agustus 2015 dan berakhir 26 Oktober 2015.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Berdasarkan rencana itu, pada 20 Agustus 2015, calon jemaah haji 2015 sudah masuk asrama haji dan satu hari kemudian (21 Agustus 2015) merupakan awal pemberangkatan calon jemaah haji gelombang I dari Tanah Air ke Madinah.

Selanjutnya tanggal 4 September 2015 merupakan awal keberangkatan calon jemaah haji gelombang ke II dari Tanah Air menuju Jedah.

Akhir keberangkatan jemaah haji gelombang II, yang berarti seluruh jemaah haji sudah diberangkatkan ke Tanah Suci, dilakukan pada 17 September 2015. Pada tengah malam hari ini juga merupakan closing date Bandara Internasional King Abdul Aziz, yang artinya sudah tidak ada lagi penerbangan setelahnya yang terkait penerbangan haji.

Berdasarkan penyelenggaraan sebelumnya, jemaah haji gelombang pertama ditempatkan dulu di Madinah lalu diberangkatkan ke Mekah sebelum proses ibadah haji di Armina (Arafah, Muzdalifah, dan Mina).

Sementara jemaah haji gelombang kedua langsung ditempatkan di Mekah dan baru kemudian diberangkatkan ke Madinah setelah proses ibadah haji selesai. Artinya, beberapa hari sebelum ibadah haji, seluruh jemaah haji berada di Kota Mekah.

Sementara itu Wukuf di Arafah, yang merupakan puncak haji, diperkirakan akan jatuh pada Selasa, 22 September 2015. Pada saat ini seluruh jemaah haji, yang jumlahnya jutaan, berkumpul di Padang Arafah, sejak Zuhur hingga petang hari antara lain melakukan zikir, istighfar, dan doa baik untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain. Biasanya, jemaah haji Indonesia telah tiba di Arafah satu hari sebelumnya.

Setelah wukuf di Arafah, proses ibadah haji selanjutnya adalah bermalam di Muzdalifah dan melempar jumrah di Mina.

Awal pemulangan jemaah haji gelombang I dari Jeddah ke Tanah Air akan dilakukan pada 29 September 2015, dan akhir kedatangan jemaah haji gelombang II dari Madinah ke Tanah Air, yang artinya seluruh jemaah haji Indonesia sudah dipulangkan, akan dilakukan pada 26 Oktober 2015.

Pada tahun 2014, jumlah jemaah haji Indonesia adalah 168.000 orang termasuk sekitar 13.000 orang haji khusus (dulu ONH Plus).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya