SOLOPOS.COM - Bus jemaah haji Indonesia (Kemenag.go.id)

Haji 2015 jemaah calon haji yang tersesat mendapat makanan gratis dari PPIH Arab Saudi.

Solopos.com, MADINAH – Jemaah calon haji Indonesia yang tersesat mendapatkan makanan gratis dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja Madinah. Konsumsi gratis tersebut untuk mengantisipasi jemaah yang lapar dan haus selama mereka mencari jalan pulang ke pemondokan.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

“Kita kan enggak tahu jemaah itu sudah berapa lama tersesat, makanya saat diantar ke sektor atau kantor daker langsung kami beri makan dan minum,” kata Kepala Seksi Katering Daker Madinah PPIH Arab Saudi Evy Nuryana, di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (5/9/2015), sebagaimana dilansir situs Kemenag.go.id.

Menurut Evy, konsumsi yang diberikan kepada jemaah tersesat juga sudah dihitung kadar kecukupan gizinya. Konsumsi berisi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan mineral yang cukup. Dengan demikian, apabila jemaah tersesat sudah mengalami dehidrasi dan kekurangan energi, maka konsumsi tersebut diharapkan segera memulihkan kebutuhan zat-zat makanan yang dibutuhkannya.

“Menunya tidak berbeda jauh dari makan siang atau makan malam yang kami bagikan kepada jemaah secara reguler,” ujar Evy.

Junaedi, jemaah asal Jepara yang sempat diantarkan  tim Media Cente Haji (MCH) Daker Madinah ke kantor daker, mengaku senang dengan pelayanan petugas. Selain diantarkan langsung ke kantor Misi Haji Indonesia untuk dipulangkan kembali ke pemondokannya, Junaedi juga mendapatkan makan dan minum untuk mengisi perutnya.

Junaedi ditemukan menjelang tengah malam di lingkar luar pemakaman Baqi saat sedang terduduk di pinggir jalan. Dia hanya memegang sekantung buah anggur dan satu botol air mineral. Pria yang sudah berusia tua ini mengaku sudah mencari jalan pulang ke hotel sejak selesai salat Subuh.

“Tapi  enggak ketemu-ketemu, uang saya cuma cukup buat beli anggur dan air ini,” kata Junaedi seraya mengucapkan terima kasih kepada petugas yang memberinya makan nasi dengan lauk ayam goreng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya