SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Septhia Ryanthie/JIBI/SOLOPOS)

Haji 2015 kemungkinan turun dari sisi biaya. BPIH akan ditetapkan pada akhir April 2015.

Solopos.com, JAKARTA – Besaran anggaran biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun ini kemungkinan turun. Sedangkan nominal pastinya akan diketahui pada akhir April seusai pembahasan di panitia kerja DPR.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

“Untuk tahun ini kemungkinan turun sekarang masih dibahas di panja DPR, minggu ke tiga bulan ini akan diketahui,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (9/4/2015).

Dia mengatakan biaya haji pada tahun sebelumnya mencapai US$3.219, tahun ini pihaknya mengharapkan biaya turun di kisaran US$3.193. Namun hal tersebut masih menunggu pembahasan di DPR untuk kepastiannya.

“Itu mengalami penurunan 26 dolar. Sehingga akan didapat efisiensi,” kata dia.

Lukman mengatakan penurunan itu dipengaruhi salah satunya Kemenag telah memangkas rute perjalanan haji sehingga dengan demikian dapat memotong ongkos perjalanan.

Bila sebelumnya dari Jakarta transit ke Jeddah lalu ke Mekkah, maka pada tahun ini langsung menuju Madinah. Begitu pula rute perjalanan pulang ke tanah air, dari Madinah langsung ke Jakarta.

Selain itu Kemenag juga pada tahun ini akan memprioritaskan keberangkatan bagi calon jamaah haji yang belum sama sekali menginjakan kaki di Tanah Suci.

“Kita tegas untuk tahun ini Kemenag prioritaskan calon jamaah yang belum pergi haji sama sekali,” kata Lukman. (baca: Kemenag Janji Prioritaskan Pendaftar yang Belum Pernah Berhaji)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya