SOLOPOS.COM - Dirjen Pengendalian penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama (Kelik Taryono/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Serangan virus korona Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) sedang merebak di Arab Saudi. Calon haji pun diberi pembekalan khusus untuk mengantisipasi penularan virus.

“Pesan tentang MERS-CoV akan dimasukkan pada welcome speaking yang diberikan masing-masing KKP ketika jemaah masuk ke asrama haji,” ungkap Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama dalam keterangannya di Jakarta, Senin (9/9/2013)

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Pesan yang bakal disampaikan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) itu, lanjut Tjandra Yoga Aditama, berupa tips menjaga kesehatan dan upaya menghindari penularan MERS-CoV. “Juga telah disiapkan banner dan leaflet yang dapat dibaca pada saat jemaah baru datang sambil menunggu giliran pemeriksaan akhir,” lanjutnya.

Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) juga telah diminta menyampaikan pesan kesehatan kepada jemaah calon haji pada acara penyambutan, termasuk juga tentang antisipasi MERS-CoV. “Kami minta TKHI untuk menyampaikan tiga pesan, yaitu anjuran untuk istirahat dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) selama di asrama dan selama [beribadah] haji, serta anjuran istirahat, minum, makan yang cukup selama penerbangan untuk menghindari dehidrasi serta penggunaan masker di Arab Saudi bila diperlukan,” papar Tjandra.

Sebanyak 10 embarkasi telah menyatakan siap berangkat Selasa (10/9/2013), yaitu Medan, Batam, Pondok Gede, Bekasi, Solo, Surabaya, Makasar, Mataram, Balikpapan dan Banjarmasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya