SOLOPOS.COM - Kegiatan CampusExpo: Know Your Passion, Make Your Action di Gor RM Said Karanganyar, Sabtu (4/2/2023). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Banyak orang berpikir bahwa kuliah merupakan salah satu hal yang sangat penting dan dibutuhkan untuk kehidupan di masa mendatang.

Namun, ada sebagian orang juga yang berpendapat bahwa kuliah tidak wajib dilakukan karena perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Padahal tidak hanya untuk menuntut ilmu, kuliah sebenarnya bisa mendorong proses mengembangkan individu supaya lebih kreatif dan inovatif merespons kehidupan dalam masyarakat.

Komunitas Kejar Mimpi Solo by CIMB Niaga berkolaborasi dengan Formaka (Forum Mahasiwa Karanganyar) menggelar Campus Expo: Know Your Passion, Make Your Action di Gor RM Said Karanganyar, Sabtu (4/2/2023) sebagai sarana bertukar informasi mengenai perguruan tinggi yang diminati.

Acara ini menghadirkan lebih dari 40 universitas yang membagikan info seputar dunia perkuliahan. Pada event tersebut juga diadakan seminar yang menghadirkan founder @desamind_id sekaligus pemuda berprestasi Kemenpora, Hardika Dwi Hermawan; mahasiswa prestasi I jenjang sarjana UNS 2022, M.Safrudin Mustofa; dan Vice President Branch Manager Cabang Solo PT Bank CIMB Niaga Tbk, Agustinus Agung Wibowo.

Pada kesempatan itu Dika, sapaan akrab Hardika Dwi Hermawan, mengatakan peluang pelajar SMA/SMK sederajat di Karanganyar untuk mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi di Tanah Air maupun luar negeri cukup besar. Dia pun meminta mereka yang berminat harus rajin mengakses informasi tentang peluang mendapatkan beasiswa.

“Mereka kami dorong meningkatkan kapasitas diri. Itu bisa dilakukan dengan aktif dalam kegiatan di kampus maupun luar kampus, seperti aktivitas sosial, organisasi, dan kegiatan yang mengasah skill kepemimpin,” ujar Dika.

Itu semua, lanjut lajang yang menjabat kepala bagian perpustakaan dan layanan digital Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) itu, sebagai bekal penting untuk bisa mendapatkan beasiswa, salah satunya dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah Kementerian Keuangan.

Pada event yang sama, M Safrudin Mustofa mengajak para pelajar mengenal perbedaan kampus negeri dan swasta dan memahami kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan begitu, mereka bisa menyesuaikan minat dan bakatnya.

“Jadi memiliki persiapan lebih banyak,” ucapnya.

Agar lebih optimal dalam menempuh perkuliahan, Safrudin memberikan tips dalam memilih jurusan di kampus, di antaranya linear dengan jurusan yang dipilih saat SMA/SMK sederajat.

“Di SMA kan ada penjurusan IPA, IPS, multimedia, dan sebagainya. Nah, pilihan jurusan di perguruan tinggi sesuai dengan pilihan di SMA atau SMK sederajat agar materi perkuliahan bisa matching,” tutur dia.

Sementara itu, Agustinus Agung Wibowo mengatakan, komunitas Kejar Mimpi yang merupakan gerakan kepemudaan yang diinisiasi oleh CIMB Niaga telah tersebar di puluhan kota/kabupaten di Indonesia. Tujuannya adalah memberikan inspirasi kepada anak muda untuk mewujudkan mimpinya.

“Banyak program Kejar Mimpi. Mulai edukasi, literasi, perbankan, dan sebagainya. Bagi hadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya. Apa yang disampaikan merupakan pengalaman riil dan yang dikerjakan narasumber, sehingga diharapkan menginpsirasi anak muda agar burupaya keras mengejar dan merealisasikan mimpinya,” paparnya.

Divisi Public Relation Komunitas Kejar Mimpi Solo Isika Mutiara mengatakan, para pelajar di Karanganyar sangat antusias menghadiri Campus Expo 2023 yang diikuti 44 perguruan tinggi negeri, swasta, serta kedinasan.

“Ini kegiatan kali pertama di Karanganyar, pesertanya membeludak. Semuanya have fun, enjoy. Kami berupaya mengubah mindset siswa siswi di Karanganyar agar mempersiapkan lebih matang jenjang pendidikannya,” ucapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya