SOLOPOS.COM - Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024) untuk menghadiri penetapan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024. (Istimewa/Tangkapan Layar)

Solopos.com, JAKARTA – Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024) untuk menghadiri penetapan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024.

Dipantau dari tayangan Breaking News KompasTV, Anies menyebut kedatangannya adalah bagian dari proses bernegara yang harus dihormati hingga tuntas.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

“Untuk itulah kami hadir bersama ini semua kami kerjakan, dengan tanpa melupakan dan mengingatkan pada semua tentang sidang MK (Mahkamah Konstitusi) kemarin banyak catatan, patut diingat sebagai bahan perbaikan,” kata dia sebelum memasuki Kantor KPU.

Ihwal langkah ke depan apabila diundang untuk “ngobrol” oleh capres terpilih Prabowo Subianto, Anies tak berbicara banyak namun hanya ingin menegaskan bahwa dirinya mengikuti proses. “Kita tunggu saja,” tandasnya.

Sementara, Muhaimin alias Cak Imin menambahkan bahwa catatan oleh MK diharapkan bisa menjadi salah satu bahan untuk merevisi Undang-undang Pemilu.

“Ya, setiap pemilu, lima tahun sekali, diharapkan ada revisi untuk memperbaiki kelemahan UU Pemilu. Sebenarnya, kami ingin hak angket tetap jalan agar bisa membaca secara detil titik lemah keterpurukan demokrasi,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai rencana pertemuannya dengan Prabowo, Cak Imin meminta awak media menunggu. Iapun tak menjawab pertanyaan apakah pertemuan itu merupakan inisiasi dirinya atau Prabowo.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Rabu (20/3/2024) malam, menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pemilu 2024 dengan total raihan 96.214.691 suara.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. mendapatkan 27.040.878 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya