News
Sabtu, 20 Januari 2024 - 09:03 WIB

Hadiri Acara Harlah di GBK, Presiden Jokowi: Muslimat NU Memang Luar Biasa

Newswire  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat menghadiri acara Harlah ke-78 Muslimat NU di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (20/1/2024). (Antara/Rangga Pandu Asmara Jingga)

Solopos.com, JAKARTA–Sekitar 150.000 anggota Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) menghadiri peringatan hari lahir (harlah) ke-78 organisasi itu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada Muslimat NU yang senantiasa menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan merawat Pancasila.

Advertisement

“Atas nama masyarakat, bangsa dan negara, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Muslimat NU yang selalu menjaga NKRI, merawat Pancasila, selalu merawat persatuan dan kerukunan untuk Indonesia Maju,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya, seperti dilansir Antara.

Presiden mengakui peran Muslimat NU sangat luar biasa. Dia menyatakan keberhasilan Indonesia melewati pandemi Covid-19 juga merupakan kontribusi Muslimat NU.

Advertisement

Presiden mengakui peran Muslimat NU sangat luar biasa. Dia menyatakan keberhasilan Indonesia melewati pandemi Covid-19 juga merupakan kontribusi Muslimat NU.

“Muslimat NU memang luar biasa. Kita ingat Covid-19 hampir dua tahun lebih menerpa seluruh dunia, tapi kita mampu mengatasi persoalan kesehatan maupun ekonomi. Ini karena peran seluruh komponen bangsa, termasuk ibu dan bapak sekalian,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden mengungkapkan tidak semua negara mampu mengatasi dampak jangka panjang Covid-19. Misalnya 96 negara lain, kata Jokowi, tercatat hanya mampu mengatasi persoalan kesehatan saja, namun tidak dengan masalah ekonominya.

Advertisement

Jokowi menyampaikan pemerintah di tengah keterbatasan juga terus berupaya hadir untuk masyarakat. Misalnya dengan penyaluran bantuan sosial senilai Rp443 triliun sepanjang 2023.

“Gede sekali. Ini di antaranya untuk kartu sehat BPJS, kemudian kartu pintar dan KIP Kuliah, kemudian PKH, kartu sembako,” jelasnya.

Jokowi menekankan semua bantuan yang diberikan pemerintah bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat.

Advertisement

“Momentum ini harus terus kita pertahankan dan tingkatkan untuk menggapai cita-cita Indonesia Emas 2045,” ujar Jokowi.

Sementara itu, berdasarkan perhitungan panitia Harlah Ke-78 Muslimat NU, terdapat sekitar 150.000 anggota yang dibawa ke lokasi acara itu dengan menggunakan 2.995 bus. Mereka berasal dari 34 Pengurus Wilayah (PW) dan 534 Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU.

Acara tersebut juga dihadiri Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Muslimat NU berasal dari 11 negara, antara lain Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Tiongkok, Jerman, Inggris, dan Jepang.

Advertisement

Sejak Jumat (19/11/2024) malam, peserta kegiatan harlah mulai memadati kompleks Stadion GBK Jakarta dengan mengenakan gamis hijau dan syal sesuai dengan daerah masing-masing.

Rangkaian acara dimulai pada Sabtu, sekitar pukul 00.00 WIB hingga 02.30 WIB dengan khataman Al Quran sebanyak 2024 kali yang dipimpin Hajah Romlah Widayati, dilanjutkan pada pukul 02.30 WIB hingga 04.20 WIB berupa Shalat Tahajud dan Hajat berjamaah dengan imam K.H. A. Muzakky Alhafidz.

Shalat Subuh berjamaah dilangsungkan pada pukul 04.20 WIB hingga 04.45 WIB. Pada pukul 04.45 WIB hingga 05.30 WIB acara diisi dengan pembacaan istighatsah, tahlil, dan doa khatam Al Quran dipimpin K.H. Asep Syaifuddin Chalim.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif