SOLOPOS.COM - Sejumlah produk inovasi dan tarian etnis Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) ikut meramaikan kegiatan Pameran dan Festival Merdeka Belajar, Sabtu (25/5/2024) dan Minggu (26/5/2024).(Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Sejumlah produk inovasi dan tarian etnis Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) ikut meramaikan kegiatan Pameran dan Festival Merdeka Belajar, Sabtu (25/5/2024) dan Minggu (26/5/2024).

Bertempat di Taman Aksobya kawasan Candi Borobudur, Magelang, UKSW menjadi salah satu dari enam perguruan tinggi pilihan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI untuk mengikuti kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, 2024.

Selama dua hari, sejumlah inovasi dosen dan mahasiswa disuguhkan. Roti sourdouh, kopi cold brew dan minuman fermentasi asam jawa hasil buatan mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) mencuri perhatian ratusan pengunjung pameran. Lainnya, minyak aromatherapy produk dari Fakultas Sains dan Matematika (FSM) juga sukses membuat pengunjung yang salah satunya guru menyerbu stan.

“Terima kasih UKSW, saya jadi tahu tentang minyak aromatherapy. Saya suka yang Lavender,” kata Sri Wahyuni warga Magelang yang mengunjungi stan UKSW.

Lainnya, board game produk Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Teknologi Informasi (FTI) juga ikut meramaikan stan. Tak hanya itu, di sudut lain, mulai dari siswa Sekolah Dasar (SD) sampai orang tua juga bersemangat untuk mencoba tes bakat minat untuk menunjang karir yang disajikan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Ikut meramaikan stan juga ditampilkan wood ball game oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) FKIK. Game yang digelar di depan stan ini sukses menggaet pengunjung untuk mencoba dan mendapat kesempatan memperoleh e-money.

Tak Kalah Bersaing

Seusai kirab pembukaan, Kepala Bagian Umum LLDIKTI VI Adhrial Refaddin SIP., MPP., dan Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan (RIK) UKSW Prof. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., berkesempatan mencicipi roti sourdouh dan kopi cold brew.

Dipandu Dhanang Puspita, MSi., salah seorang dosen FKIK, baik Adhrial Refaddin dan Eko Sediyono tampak menikmati paduan roti dan kopi.

“Dibuat dari bahan apa saja, Mas? Mari segera diproses paten produk inovasinya,” kata Adhrial Refaddin.

Wakil Rektor RIK menyatakan apresiasinya atas keterlibatan UKSW dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah ini.

“Produk inovasi UKSW tidak kalah jika dibandingkan dengan produk perguruan tinggi lainnya,” tegas Prof. Eko Sediyono yang hadir bersama Direktur Direktorat Pembelajaran dan Pengajaran (DAR) Yustinus Calvin Gai Mali, S.Pd, M.Hum, Ph.D.

Sementara itu, pada Jumat (24/5/2024) malam, Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., juga berkesempatan menghadiri secara langsung acara pembukaan Festival dan Pameran Merdeka Belajar 2024 di Grand Artos Magelang.

Hadir didampingi Direktur Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan Dr. Linda Ariany Mahastanti, S.E., M.Sc., Rektor Intiyas mengapresiasi positif keterlibatan UKSW dalam kegiatan ini dengan menampilkan produk inovasi dan juga tarian etnis sebagai penciri Kampus Indonesia Mini. UKSW yang telah mendapatkan akreditasi intitusi Unggul dan juga mendapatkan Bintang 3 QS Stars Rating menjadi salah satu perguruan tinggi yang dipercayai LLDIKTI VI.

Rekomendasi
Berita Lainnya