SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Untuk bersiaga menghadapi ancaman bencana El Nino di 2010, Perum Bulog menyiapkan 5 langkah pengamanan stok beras dalam negeri sehingga pasokan beras tetap terjaga menghadapi kekeringan panjang akibat El Nino.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama Bulog Mustafa Abubakar dalam acara diskusi Polemik di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (22/8).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

“Kalau saat ini stok pangan kita cukup, masyarakat tidak perlu khawatir dan berspekulasi. Untuk antisipasi El Nino diperlukan sinergi antara hulu dengan hilir,” jelasnya.

Adapun lima langka tersebut disampaikan Mustafa adalah, pertama meningkatkan pengadaan beras dalam negeri dimana untuk tahun ini direncanakan sampai 4 juta ton serta menjaga tidak impor.

Kedua meningkatkan cadangan beras pemerintah, dari jumlah yang ada sekarang sebanyak 500 ribu ton menjadi 1 juta ton. “Sehingga kita bisa jaga-jaga kalau ada kemarau panjang,” ujarnya.

Ketiga, terus menggencarkan pemerataan distribusi beras ke berbagai wilayah di Indonesia. Keempat memperbesar pengadaan gabah di dalam negeri.

Kemudian kelima, Mustafa mengatakan pihak Bulog mengeluarkan perizinan bagi jika gudang Dolog di daerah sudah penuh stok, maka diperbolehkan untuk menyewa gudang swasta.

dtc/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya