SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuaca panas (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO–Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo, Dian Rineta, mengatakan pihaknya tengah menyiapkan surat imbauan mengenai pengaturan kegiatan belajar mengajar (KBM) di tengah cuaca ekstrem.

Dian menjelaskan secara prinsip, para siswa sekolah di Solo mulai perlu mengurangi aktivitas di luar ruangan dan memperbanyak konsumsi air putih agar tidak dehidrasi.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

“Sementara surat imbauan masih kami proses, tunggu dulu ya, nanti ada imbauan resmi agar anak-anak sekolah tetap bisa KBM walaupun cuaca panas,” ujar Dian saat dihubungi wartawan, Senin (9/10/2023).

Sub Koordinator Olahraga Pendidikan Dispora Kota Solo, Sugeng Hariadi, mengatakan siswa Sekolah Khusus Olahraga (SKO) sudah diberi sejumlah langkah antisipasi.

“Kalau cuaca ini sebenarnya semua mengalami, hanya anak-anak sudah diantisipasi dan kami tekankan untuk menjaga pola makan dan pola hidupnya. Kami juga sudah memperhitungkan kecukupan gizi mereka untuk menghadapi cuaca seperti ini,” ujar Sugeng, Senin (9/10/2023).

Sugeng menjelaskan pola makan yang baik terdiri atas makanan bergizi dan tidak mengkonsumsi makanan sembarangan, salah satunya minuman dingin. Menurut Sugeng, minuman dingin seperti es yang dikonsumsi di cuaca ekstrem akan berbahaya bagi tubuh.

Namun, para siswa SKO perlu menjaga kadar air dalam tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Sugeng mengatakan setiap pagi, siswa SKO sudah diberikan minuman sebelum latihan. Menjaga pola hidup juga dapat dilakukan dengan istirahat teratur.

Senada dengan arahan Sugeng, Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) SDN Mojosongo 03 Solo, Zanuar Wibisono mengingatkan pentingnya mengkonsumsi air putih bagi para siswa.

“Selain mengurangi aktivitas, konsumsi air putih penting sekali terutama di cuaca panas seperti ini, banyak anak-anak di SDN Mojosongo 03 Solo kami imbau membawa air minum juga terutama di jam olahraga agar stamina terjaga dan tidak dehidrasi. Selain itu pola makannya juga perlu tetap dijaga, konsumsi makanan bergizi secara teratur,” ujar Zanuar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya