SOLOPOS.COM - Suasana lengang di Bandara Adi Soemarmo Solo pada H-2 Lebaran atau Senin (8/4/2024). (Solopos.com/ Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO – Bandara Adi Soemarmo Solo terpantau sudah mulai lengang pada H-2 Lebaran 2024, Senin (8/4/2024). Puncak kepadatan pemudik di Bandara Adi Soemarmo Solo terjadi pada Jumat-Sabtu (5-6/4/2024).

banner ekspedisi mudik 2024

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Pantauan Tim Ekspedisi Mudik Solopos, hanya ada beberapa mobil yang terparkir di Bandara Adi Soemarmo. Dari pintu keberangkatan dan kedatangan terpantau sudah cukup longgar.

Berdasarkan data PT Angkasa Pura I, per Minggu (7/4/2024) total terdapat 20.965 penumpang atau naik 20% jika dibandingkan tahun lalu. Sedangkan pada Senin (8/4/2024) penumpang di Bandara Adi Soemarmo berjumlah 4.453 orang.

General Manager (GM) Garuda Indonesia cabang Solo, Tosan Anda Andika, ketika ditemui Tim Ekspedisi Mudik Solopos, Senin, mengatakan memang puncak arus mudik di Bandara Adi Soemarmo terjadi pada Jumat-Sabtu (5-6/4/2024) lalu.

Sedangkan Garuda Indonesia sendiri, kata Tosan, sampai Senin (8/4/2024) sudah memberangkatkan penumpang mudik dari Jakarta ke Solo kurang lebih sekitar 2.500 sampai 2.600 penumpang.

“Di mana tanggal 5 sampai 6 April 2024 kami ada extraflight. Selain itu kita juga ada bigger flight, jadi normalnya dengan Boeing 737, tapi kali ini dengan Airbus A330-900 yang mampu membawa 300 penumpang,” kata dia.

Tosan mengatakan Garuda Indonesia juga sudah mempersiapkan banyak hal untuk menyambut para pemudik sejak H-7 Lebaran 2024. Pihaknya mempersiapkan kesiapan petugas sampai ketersedian katering.

Meski permintaan sedang tinggi, namun pihaknya mengatakan tidak menaikkan harga tiket. Tosan menyebut harga tiket masih berlaku seperti biasa. “Kalau harga kita sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kita memang tidak ada kenaikan,” kata dia.

Dia mengatakan kedatangan paling banyak adalah dari Jakarta, Palembang, Pangkal Pinang, dan Jambi. Sedangkan keberangkatan rata-rata pada momen lebaran seperti ini kebanyakan dimanfaatkan untuk liburan ke destinasi wisata seperti Jakarta dan Bali.

Ekspedisi Mudik 2024 merupakan program yang diselenggarakan oleh Solopos Media Group. Program ini juga didukung oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Pertamina, Garuda Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) UID Jateng&DIY, Eiger Adventure, dan Astra Daihatsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya