SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Jakarta-
-Sikap politik yang demokratis dan perjuangannya tentang pluralisme dan HAM semasa hidup patut diapresiasi semua kalangan termasuk dunia internasional. Wakil Walikota Surabaya Arif Afandi mengusulkan Gus Dur mendapat nobel perdamaian selain gelar pahlawan nasional.

“Gus Dur itu tidak hanya berhak mendapatkan gelar pahlawan nasional, tapi juga berhak mendapatkan nobel,” tegas Arif Afandi usai apel bersama dan penyerahan hadiah sekolah anti narkoba di Gedung Dinas Pendidikan, Jalan Jagir, Surabaya, Senin (4/1).

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Keberanian Gus Dur dalam menembus batas-batas tabu diplomasi dan politik di Indonesia menjadikan sosok Gus Dur memiliki nilai lebih. Peran-peran Gus Dur yang menjadi presiden di berbagai komunitas dunia yang bergerak dibidang pluralisme, HAM dan demokrasi patut disejajarkan dengan peraih nobel lainnya.

Arif mencontohkan, meski Indonesia tidak memiliki hubungan diplamasi dengan Israel, namun mantan Ketua PBNU ini justru terlibat di dalam yayasan milik Israel. Selain itu, Gus Dur juga berani membela kaum minoritas dalam upaya mencapai keadilan selama ini. “Keberaniaannya patut mendapat penghargaan,” tambahnya.

Tak hanya nobel perdamaian, Arif Afandi yang juga ketua Badan Narkotika Kota (BNK) Surabaya ini juga mengusulkan nama Gus Dur menjadi nama jalan di Kota Surabaya. Gus Dur merupakan mantan ketua umum PBNU 3 periode dan cucu pendiri NU KH Hasyim Asy’ari yang mendirikan NU di Surabaya.

“Surabaya sebagai basis dan tempat lahir NU menilai Gus Dur sangat layak mendapatkan penghargaan, untuk menjadikan nama jalan. Nanti kita proses,” janji Arif yang juga calon walikota Surabaya periode 2010-2015 ini.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya