SOLOPOS.COM - Ilustrasi (penamujahid.com)

Ilustrasi (penamujahid.com)

Gunung Kidul (Solopos.com)–Suryatmi, 50, salah satu guru SD Siyono III, Logandeng, Playen, Gunung Kidul berhasil mengungkap aksi pencurian rumah kosong yang akhir-akhir ini marak terjadi di Playen.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Suryatmi kali pertama memergoki aksi pencurian dilakukan oleh Hari alias Jeber, 29  yang juga anggota Hansip (Linmas) desa setempat. Hari kemudian dibekuk warga dan dibawa ke Mapolsek Playen, Selasa (8/11/2011) pagi.

Keterangan yang dihimpun Harian Jogja, pengungkapan pencurian yang meresahkan ratusan warga Playen tersebut bermula ketika Suryatmi merasa khawatir dengan kondisi rumahnya.
Sebelum mengajar, Selasa (8/11/2011) pagi ia kemudian memutuskan untuk pulang ke rumah. Tetapi ketika sampai di rumahnya Dusun Siyono Kidul, Desa Logandeng, Playen mendapati pintu rumah yang paling depan sudah terbuka.

“Saya merasa tidak enak dengan kondisi rumah, kemudian berniat pulang ke rumah sebentar karena sebelumnya juga sudah kehilangan,” terangnya.

Suryatmi yang sebelumnya sudah kehilangan uang sebesar Rp 4 juta beberapa pekan lalu, menaruh rasa curiga dan langsung masuk ke dalam kamar tidurnya.

Sesampai di kamar tidur Suryatmi mendapati, Hari sudah berada di dalam kamar yang berniat membuka almari. Belum sukses membuka almari, Suryatmi kemudian berteriak minta tolong dan puluhan warga desa setempat menangkap anggota Hansip Desa Logandeng yang justru meresahkan warga itu.

Kapolsek Playen, AKP Sudaryana membenarkan adanya penangkapan spesialis maling rumah kosong itu. Berdasarkan pengembangan penyidikan, Hari yang seharusnya bertugas mengamankan warga justru telah melakukan tindak pencurian sebanyak tiga kali di desanya.

Di hadapan penyidik, Hari mengaku sudah mencuri uang sebesar Rp4 juta milik Suryatmi, dan Rp2 juta milik Sudiman, 40 serta kamera digital senilai Rp2,5 juta berikut uang tunai Rp1 juta milik Kushartini, 50 ketiganya warga Dusun Siyono Kidul, Logandeng, Playen.

(JIBI/SOLOPOS/ton)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya