SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Guru Bimbingan Konseling (BK) diminta mengubah mindset ketika menghadapi anak bermasalah. Caranya dengan mengubah pandangan bahwa anak yang bermasalah bukan anak nakal tapi dia adalah anak hebat yang memiliki potensi.

Pendapat itu disampaikan trainer dari Life Management Training (LMT), Seno Hadi Sumitro, saat ditemui wartawan seusai mengisi seminar bertema Cara Penanganan Siswa Bermasalah untuk Tingkatkan Prestasi Belajar Siswa di kampus Politeknik Indonusa, Solo, Sabtu (23/10).

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

Menurut Seno, ada beberapa langkah yang harus dilakukan ketika menghadapi anak bermasalah. Pertama menjadi pribadi yang mengenal potensi positifnya. Selanjutnya mengajak anak mengingat masa lalunya sebagai upaya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Kelebihan itu diingat kembali dengan harapan memunculkan ide baru untuk peningkatan kapasitasnya. Sedangkan kekurangan atau kegagalan dimasa lalu dilihat dengan tujuan agar tidak terjadi kembali.

“Anak juga harus disadarkan bahwa dia adalah makhluk multi dimensi yang mempunyai banyak peran dan tanggung jawab. Bukan hanya tanggung jawab sebagai anak tapi juga sebagai anggota masyarakat,” jelasnya.

Anak yang bermasalah, kata Seno, harus diajak untuk memiliki impian tentang masa depannya. Impian itu akan membuat seseorang mau berusaha mencapainya. Sehingga hidupnya lebih semangat. Setelah fokus dengan impian, terangnya, ajak anak mewujudkan impian itu dengan beberapa model. Misalnya dengan mengikuti cara-cara orang yang sukses dalam satu bidang. Oleh karena itu guru BK harus dekat dengan siswa dan menggunakan model pendekatan dari hati ke hati ketika menghadapi siswa bermasalah.

ewt

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya