SOLOPOS.COM - Gunung Sinabung (JIBI/dok)

Solopos.com, MEDAN — Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara menjadi salah satu dari 5 gunung api yang berstatus siaga di Indonesia.

Sebanyak 23 dari 127 gunung api di Indonesia terpantau mengalami peningkatan aktivitas dan perlu diwaspadai. Lima gunung berstatus siaga dan 18 lainnya berstatus waspada.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang dikutip Bisnis, Rabu (18/9/2013), status Gunung Sinabung dinaikkan dari waspada level II menjadi siaga level III terhitung mulai Minggu (15/9/2013) pukul 03.00 WIB.

Selain Gunung Sinabung, gunung api yang berstatus siaga antara lain Gunung Karangetang di Sulawesi Utara sejak 3 September 2013, Gunung Ibu di Maluku Utara sejak 7 Juni 2013, Gunung Rokatenda di Nusa Tenggara Timur sejak 13 Oktober 2012, dan Gunung Lokon di Sulawesi Utara sejak 24 Juli 2013.

Sementara itu, Gunung Ijen di Jawa Timur telah diturunkan statusnya menjadi waspada sejak 26 Agustus 2013 dan Gunung Ebulobo di Nusa Tenggara Timur sejak 23 Agustus 2013.

Gunung lainnya yang berstatus waspada adalah Gamkonora (Maluku Utara), Soputan (Sulawesi Utara), Sangeangapi (NTT), Papandayan (Jawa Barat), Dieng (Jawa Tengah), Raung (Jawa Timur), Seulewah Agam (Aceh), Gamalama (Maluku Utara), Bromo (Jawa Timur), Semeru (Jawa Timur), Talang (Sumatra Barat), Anak Krakatau (Lampung), Ili Lewoto(NTT), Marapi (Sumatra Barat), Dukono (Maluku Utara), dan Kerinci (Jambi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya