SOLOPOS.COM - Gunung Marapi terlihat dari Koto Tuo, Nagari Balai Gurah, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Sumbar, beberapa waktu lalu. (JIBI/Solopos/dok)

BUKITTINGGI- Gunung Marapi di Koto Baru, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu (8/2/20120) sekitar pukul 08.00 WIB kembali meletus disertai semburan abu vulkanik.

Semburan abu vulkanik dari gunung yang memiliki tinggi 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu diperkirakan setinggi 200 meter dari puncak gunung dan berlangsung selama 15 menit.

Promosi BRI Peduli Ini Sekolahku, Wujud Nyata Komitmen BRI Bagi Kemajuan Pendidikan

Abu vulkanik gunung mengarah ke selatan menuju Kota Padangpanjang, namun abu hanya jatuh di sekitar lereng gunung.

Sekitar 10 menit abu vulkanik gunung menghilang, gunung kembali menyemburkan abu vulkanik. Semburan abu vulkanik yang kedua kalinya pada pukul 08.30 WIB tersebut berlangsung relatif sebentar, dengan ketinggian abu mencampai 100 meter dari pucak gunung.

Setelah semburan abu vulkanik yang kedua itu, gunung terlihat menyemburkan asap putih tebal setinggi 300 meter dari kawah.

Semburan asap putih tebal berlangsung sekitar 30 menit. Belum lagi asap putih tebal menghilang, kembali muncul asap putih dari dalam kawah gunung.

Asap putih tebal yang disemburkan gunung masih terlihat jelas dari Bukittinggi hingga pukul 08.45 WIB . Asap putih tebal itu tampak menyatu dengan kabut yang menyelimuti sebagian puncak gunung.

Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bukittingi Suparmo meminta warga yang tinggal di bawah kaki gunung tetap meningkatkan kewaspadaan dan mematuhi larangan mendaki hingga tiga kilometer dari puncak gunung. Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya