SOLOPOS.COM - Seorang pelayan menyiapkan masakan di RM Padang Putra Bungsu yang dikelola pasangan kakak-adik, Sukar dan Sunarto di rumahnya di Dukuh Marditani, Desa Celep, Kedawung, Sragen, Kamis (8/4/2021). (Solopos.com/Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, PADANG — Duta Besar Indonesia untuk Norwegia dan Islandia, Todung Mulya Lubis, menantang Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, untuk membuka Rumah Makan (RM) Padang di ibu kota negara tersebut Oslo.

“Di sini banyak restoran China, India, Thailand, dan Vietnam. Tapi belum ada restoran Indonesia atau RM Padang. Saya yakin kuliner kita tidak akan kalah bersaing. Apalagi untuk rendang,” katanya saat menghadiri ekspor bumbu rendang melalui zoom meeting, Senin (29/8/2022).

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Ia mengusulkan agar gubernur berkomunikasi dengan Kementerian Pariwisata untuk bisa memfasilitasi RM Padang di Oslo. Langkah itu dinilai lebih mudah mempromosikan Indonesia lewat kuliner.

“Orang Norwegia sangat suka mencoba hal-hal baru termasuk kuliner. Saya sangat yakin kuliner kita akan mendapatkan sambutan positif dan memiliki pelanggan di Oslo,” tuturnya.

Lebih lanjut Todung menyebut pemerintah harus mempertimbangkan membangun restoran Indonesia di seluruh ibu kota negara di dunia sebagai bentuk promosi.

Baca Juga : Makin Digemari, Negara di Eropa Impor Bumbu Rendang dari Indonesia

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, menyebut tantangan Todung sebagai peluang besar. Selain dalam hal bisnis, RM Padang di Oslo juga akan bisa menjadi sarana promosi Sumbar di Norwegia.

“Kami akan bicarakan hal ini dengan Diaspora Minang. Kalau mungkin diusahakan RM Padang bisa berdiri di beberapa negara lain karena manfaatnya akan sangat besar untuk Sumbar,” tutur dia.

Menurutnya kuliner Sumbar, khususnya rendang, sudah mendapatkan pengakuan dunia dalam hal cita rasa. Selain kuliner, Sumbar juga memiliki keunggulan lain, yakni keragaman seni budaya dan keindahan alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya