SOLOPOS.COM - Gubernur Anies Baswedan meresmikan rumah down payment (DP) 0 Rupiah di Menara Kanaya, Nuansa Cilangkap, Jakarta Timur, pada Kamis (8/9/2022). (JIBI - Bisnis/Pernita Hestin Untari)

Solopos.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan 1.348 unit rumah dengan down payment (DP) 0 Rupiah di Menara Kanaya, Nuansa Cilangkap, Jakarta Timur, pada Kamis (8/9/2022).

Dari jumlah rumah DP 0 Rupiah itu tingkat huniannya mencapai 95 persen.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

“Alhamdulillah hari ini bisa meresmikan 1.348 unit dan tingkat hunian 95 persen. Keterisian program DP 0 Rupiah tinggi karena apartemen baru 70 persen [tingkat hunian]. Artinya kita memiliki demand tinggi dan datanya lebih dari 55.000 yang daftar,” tuturnya.

Anies memaparkan program DP 0 Rupiah menyasar kelompok masyarakat dengan penghasilan di atas UMP (Upah Minimum Provinsi).

Baca Juga: Anies Baswedan Diperiksa 11 Jam Sampai Pendukung Adu Mulut

Artinya yang berpenghasilan di atas Rp4,6 juta sampai Rp14,8 juta.

“Ini adalah segmen masyarakat yang memiliki kemampuan membayar cicilan tetapi mereka kesulitan menabung dan membayar down payment [DP]. Nah kelompok ini yang kemudian kami layani,” katanya.

Dikatakan, untuk masyarakat dengan penghasilan di bawah UMP, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga telah menyiapkan Program Rumah Susun Sewa (Rusunawa).

Baca Juga: Gubernur Anies Baswedan 11 Jam Diperiksa KPK terkait Formula E

“Lalu, bagi mereka yang [berpenghasilan] di atas Rp15 Juta per bulan, pasar sudah bisa melayani, karena ada penjualan apartemen-apartemen, itu sudah dilayani lewat mekanisme pasar,” katanya.

Anies mengklaim sudah ada lebih dari 7.000 yang mengantre untuk mendaftar di program ini.

Pemprov DKI diketahui akan kembali membangun rumah DP 0 Rupiah dan diharapkan rampung pada tahun 2024.

Baca Juga: Survei: Airlangga Capres Teratas jika Dipasangkan dengan Ganjar atau Anies

“Di rumah, di sini mereka akan melalui proses skrining, sehingga mereka bisa tinggal di sini. Dan kita berharap ini akan selesai segera, tuntas prosesnya, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan tempat ini,” pungkas Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya