SOLOPOS.COM - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas saat diwawancara wartawan usai melepas keberangkatan kontainer ekspor perdana makanan siap saji dari PT Halalan Thayyiban Indonesia (HATI), Jumat (14/4/2023) malam. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA — Gerakan Pemuda (GP) Ansor memberikan layanan pijat gratis bagi para pemudik Lebaran 2023.

Para pemijit itu disediakan di 603 Posko Mudik 2023 Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

“Saya meminta di setiap posko Banser ada pijat karena pasti lelah itu ‘kan sepanjang perjalanan dari Jakarta ke rumahnya masing-masing itu akan sangat bermanfaat,” Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas seusai acara Peresmian Posko Mudik 2023 Banser di Sekretariat Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Menteri Agama itu mengatakan layanan pijat gratis di posko tersebut akan diberikan oleh Banser Husada (Basada).

Ia mengingatkan agar Pos Mudik Banser tidak sekadar menjadi hiasan belaka tetapi benar-benar bermanfaat untuk pemudik.

“Pos mudik ini dibuat untuk membantu para pemudik selama perjalanan. Saya berharap pos mudik ini tidak hanya sekadar hiasan di pinggir jalan, tetapi dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin,” ujarnya.

Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas) Banser, Hasan Basri Sagala menjelaskan pihaknya menerjunkan 1.500 personel Banser yang akan berjaga di 603 posko mudik Banser yang berada di berbagai titik yang tersebar di Pulau Jawa, Sulawesi, hingga Sumatra.

Selain membantu kelancaran lalu lintas, Hasan menuturkan pihaknya memberikan pelayanan lainnya bagi para pemudik, mulai dari menyediakan layanan pengisian baterai ponsel, tempat salat, tempat istirahat, hingga memberikan kampanye moderasi beragama untuk masyarakat.

Hasan mengingatkan kepada anggota Banser yang akan membantu posko mudik untuk tidak melakukan pengutipan atau pemungutan kepada para pemudik.

“Melarang untuk melakukan yang namanya meminta sumbangan yang tidak baik, dan ini terus kami lakukan karena ini untuk menjaga muruah organisasi ke depan,” kata dia seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Pendirian Posko Mudik Banser bekerja sama dengan PT Jasa Raharja.

Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja Munadi Herlambang, yang turut hadir dalam peresmian, mengatakan pihaknya memberikan bantuan sejumlah Rp60 juta untuk kebutuhan Posko Mudik Banser.

“Total bantuan untuk posko saja Rp60 juta dari Jasa Raharja, untuk posko mudik Ansor,” kata Munadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya