SOLOPOS.COM - Menpora Zainudin Amali menyampaikan keterangan pers terkait persiapan Piala Dunia U-20 2023, Jumat (24/2/2023). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA–Politikus Partai Golkar Muhammad Fauzi mengungkapkan partainya mengajukan tiga nama pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang juga kader Golkar, Zainudin Amali, kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tiga nama itu meliputi Puteri Anetta Komarudin, Ilham Permana, dan Dito Ariotedjo. Golkar menyerahkan keputusan final kepada Jokowi.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

“Ada Putri, Ilham, satu lagi Dito. Nah tiga nama itu. Biar Presiden nanti yang memilih,” ujar Fauzi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (1/3/2023).

Dia melanjutkan tiga nama itu merupakan kader Golkar yang dinilai mampu menggantikan Zainudin Amali. Golkar tak ingin mengirim nama kader yang tak teruji.

“Ya ketiganya memang kader terbaik yang ada di Golkar makanya didorong, karena kalau tidak jadi kader terbaik tidak mungkin didorong, karena ini menjadi muruah partai,” jelas anggota Komisi V DPR itu.

Sebagai informasi, Puteri saat ini merupakan anggota Komisi XI DPR. Sementara, Ilham merupakan Ketua Umum Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Ilham Permana. Sedangkan, Dito adalah tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Pada sisi lain, Jokowi memastikan sudah memberikan lampu hijau kepada Zainudin Amali untuk fokus menangani sepak bola setelah dirinya terpilih menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Meski begitu, Jokowi mengatakan belum ada keputusan resmi, sehingga dapat diartikan Zainudin masih menjadi bagian dari jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Secara resmi belum [dinyatakan mundur], tertulis belum, tetapi secara informal [melalui laporan saat pertemuan dengan PSSI] sudah,” ujarnya kepada wartawan Selasa (21/2/2023) lalu.

Baca Juga

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Dia 3 Calon Menpora Pengganti Zainudin Amali yang Diusulkan ke Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya