SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih sekaligus Co-Chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Rabu (18/1/2023). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Ridwan Kamil yang juga Gubernur Jawa Barat lebih diproyeksikan kembali menjadi gubernur. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung.

Sebelumnya, Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil itu resmi bergabung ke Partai Golkar, Rabu (18/1/2023). Dia telah menerima kartu tanda anggota (KTA) dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

“Saya kira sebetulnya peluang besar Pak Emil untuk posisi jabatan berikutnya, Gubernur Jawa Barat,” ujar Doli saat ditemui DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (19/1/2023).

Dia menjelaskan ada dua alasan mengapa Kang Emil lebih berpeluang menjadi gubernur kembali. Pertama, dia merupakan Gubernur Jawa Barat petahana. Kedua, baru menjabat satu periode dan namanya masih masuk dalam tokoh-tokoh populer dalam survei.

“Jadi saya kira proyeksi ke depan paling visible [kelihatan], yang paling besar peluang, kembali menjadi cagub [calon gubernur],” ujar Ketua Komisi I DPR itu.

Doli menampik jika Golkar merekrut Kang Emil untuk diproyeksikan menjadi calon presiden (capres) atau wakil presiden (cawapres). Menurutnya, hasil keputusan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar 2022 sudah jelas.

Pertama, Golkar menargetkan minimal 20% suara sah nasional pada Pemilu 2024. Lalu, untuk Pilkada 2024 minimal memperoleh 60% suara. Terakhir, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto jadi capres usungan Golkar untuk Pilpres 2024.

“Hadirnya Pak Ridwan Kamil harusnya memperkuat keputusan itu. Jadi kalo ditanya situasi internal Golkar, ya Golkar sampai sekarang capres Pak Airlangga,” jelasnya.

Kang Emil sudah berjanji akan mempromosikan Airlangga Hartarto untuk menjadi capres di Pilpres 2024. Dia menyadari bahwa keputusan munas telah menetapkan Airlangga sebagai capres usungan Golkar.

“Saya fatsun terhadap keputusan organisasi. Maka ke mana-mana, keputusan partai terkait Pak Airlangga sebagai capres itu akan saya narasikan,” ungkap Kang Emil saat memberikan keterangan pers di Kantor DPP Golkar, Rabu.

Baca Juga

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Golkar: Ridwan Kamil Diproyeksikan Jadi Gubernur, Bukan Capres atau Cawapres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya