SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA -— Ini ancaman Menteri Perdagangan Gita Wirjawan terkait kenaikan harga bawang putih yang fantastis. Gita mengancam menyita kontainer berisi bawang putih milik importir nakal yang tidak segera mendistribusikan komoditas tersebut ke pasar.

“Kami harus menindak para importir nakal itu secara tegas. Setelah menyita bawang milik importir, kami siap membakarnya atau melelangnya melalui Kementerian Perdagangan maupun Kementerian Pertanian,” katanya usai melakukan inspeksi mendadak terhadap sejumlah kontainer bawang di Terminal Peti Kemas Surabaya (TPS), Jawa Timur, Selasa (19/3/2013).

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Menurut dia, inspeksi mendadak yang dilakukan bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo, sekaligus bertujuan memeriksa langsung kontainer berisi bawang putih impor.

“Apalagi, ada indikasi dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) praktik kartel dalam bisnis tersebut,” ujarnya.

Bahkan, pihaknya perlu melihat secara langsung bagaimana kondisi peti kemas berisi bawang putih yang menumpuk di TPS Tanjung Perak.

“Tindakan kami sekarang untuk memastikan bahwa bawang putih siap dikeluarkan di pasar nasional. Dengan ini, kami harap dapat menekan lonjakan harga di pasar,” tukasnya.

Sebelum ke TPS, ia bersama Gubernur Jatim telah berkomunikasi dengan pedagang sayur di Pasar Tradisional Wonokromo Surabaya.

“Di sana, harga bawang putih mulai turun,” ucapnya.

Saat ini, lanjut dia, harga bawang putih di Pasar Wonokromo turun menjadi Rp35-40 ribu/kilogram. Akan tetapi, ada beberapa pedagang masih menjual dengan harga Rp55 ribu/kilogram untuk bawang putih jenis kating (kualitas super).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya