SOLOPOS.COM - Unggahan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Kamis (19/10/2023). (Istimewa/Tangkapan Layar Twitter X)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) membikin heboh di akun media sosial Twitter atau X lantaran mengunggah huruf E tunggal yang membuat warganet berspekulasi kode inisial calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto, Kamis (19/10/2023).

Unggahan di akun @gibran_tweet tersebut juga dianggap membantah santernya kabar yang menguatkan namanya sebagai pendamping Prabowo.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Unggahan yang diposting pada pukul 16.02 WIB itu telah mendapatkan lebih dari 60.000 tayangan, disukai 479 orang dan diposting ulang 39 akun hingga berita ini ditulis pada 16.52 WIB.

Dari respons warganet pada cuitan tersebut yang dipantau Solopos.com, inisial E diduga kuat mengarah ke nama Erick Thohir yang belakangan telah mengantongi surat bebas pidana yang menjadi syarat pendaftaran bakal capres-cawapres.

Kode Gibran soal inisial E adalah Erick Thohir juga menguat saat Solopos.com sempat mengirimkan gambar itu ke nomor WhatsApp (WA) Gibran ketika memimpin rapat Forkompinda di Ruang Banggar DPRD Solo, Rabu (18/10/2023).

Seusai rapat Gibran memberikan komentar terkait gambar surat itu. “Ya itu, wes ya makasih ya,” ujar dia penuh teka-teki. 

Saat ditanya apa maksudnya menyebut “ya itu” terkait Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana atas nama Erick Thohir, Gibran tak menjelaskan lagi.

Dia malah mengarahkan awak media menanyakan kepada Erick Thohir. Dan saat ditanya apakah yang dimaksud menyebut “ya itu” adalah Erick Thohir yang menjadi Cawapres Prabowo Subianto, dia menghindar.

“Ya itu yang bikin SKCK, sudah ya,” timpal dia. Gibran mengaku tahu perihal surat keterangan Erick Thohir pada Rabu siang. Lebih jauh dia mengatakan perihal SKCK atau urusan pencalonan jadi urusan pimpinan parpol.

Di sisi lain, keyword Erick Thohir kena prank juga populer di media sosial yang sama. Saat Solopos.com menelusuri kata kunci itu, banyak cuitan yang menyebut soal batalnya Erick Thohir mendampingi Prabowo dan malah menunjuk nama Gibran.

Pasalnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani memberi kisi-kisi tentang sosok cawapres yang dipilih Prabowo Subianto. Menurut Ahmad Muzani, sosok tersebut adalah anak muda yang berpengalaman di pemerintahan.

Ahmad Muzani menyampaikan kisi-kisi cawapres Prabowo melalui dua pantun.

“Saya cuma mau memberi isyarat kisi kisi cawapres pak Prabowo hanya dengan dua pantun,” kata Muzani seusai rapat di sekitaran kediaman Prabowo Subianto di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2023) malam.

Hingga Kamis (19/10/2023) sore, belum ada kabar soal nama cawapres Prabowo, meski sejumlah nama sempat muncul ke permukaan, di antaranya Gibran, Erick, dan Khofifah Indar Parawangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya