SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Rabu, 15 April 2015

Solopos hari ini memberitakan persiapan pernikahan Gibran-Selvi yang akan digelar pada awal Juni.

Solopos.com, SOLO — Untuk kali pertama, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, bersama calon istrinya, Selvi Ananda, muncul di hadapan awak media. Kemunculan ini menjadi berita utama di Harian Umum Solopos, Rabu (15/4/2015).

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Dalam acara jumpa pers yang digelar di Graha Saba Buwana, Selasa (14/4/2015) tersebut, Ibu Negara, Iriana Jokowi, yang juga harid mengumumkan gelaran pernikahan Gibran-Selvi akan dilaksanakan awal Juni, namun hari belum ditentukan.

Berita lain, ada kabar tentang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer atau computer based test (CBT) yang dinilai Jokowi lebih efisiean. Hal ini disambut baik oleh Mendikbud Anies Baswedan.

Ada juga kabar dari dunia olahraga, yaitu Barcelona akan berlaga ke kandang PSG untuk melakoni leg pertama babak perempat final di Parc des Princes, Paris, Kamis (16/4/2015), pukul 01.45 WIB.

Simak rangkuman berita utama di Harian Umum Solopos edisi Rabu, 15 April 2015, berikut;

PERNIKAHAN GIBRAN-SELVI: Nikah Awal Juni, Hari Masih Dicari
Keluarga Presiden Joko Widodo akhirnya buka suara tentang rencana pernikahan putra pertamanya Gibran Rakabuming Raka. Namun, keluarga Presiden belum menentukan tanggal pernikahan Gibran dengan Selvi Ananda.

Informasi tersebut diketahui saat keluarga Presiden Joko Widodo menggelar jumpa pers di Graha Saba Buwana, Selasa (14/4/2015) malam.

Dalam jupa pers tersebut, untuk kali pertama Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda muncul ke hadapan media cetak dan elektronik.

Teka-teki waktu pernikahan mereka pun mulai terjawab setelah Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, memberikan keterangan. Ibunda Gibran, Iriana, yang memakai blus warna oranye tampak sering mengumbar senyum saat menjelaskan rencana pernikahan anaknya kepada wartawan. Keramahan Iriana masih terpancar meski ia seharian sibuk mengurus rencana ngunduh mantu.

Baca selengkapnya: epaper. solopos.com

[Baca juga: Ini Penjelasan Iriana Jokowi Soal Gibran-Selvi AnandaPengakuan Selvi Ananda: Kami Sudah 5 TahunJumpa Pers Bahas Pernikahan, Gibran Cuek]

UJIAN NASIONAL: Jokowi: UN CBT Lebih Efisien
Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer atau computer based test (CBT) lebih irit dan efisien dibanding paper based test (PBT).

“[Pengadaan komputer] dibeli kementerian nantinya tidak hanya untuk ujian. Bisa dipakai untuk yang lainnya,” ujar Jokowi seusai meninjau pelaksanaan UN CBT di SMK 1, Jl. Budi Utomo, Jakarta Pusat, Selasa (14/4/2015). Presiden Jokowi pun menyampaikan bahwa kejujuran jauh lebih penting daripada nilai ujian. Maka dari itu nilai ujian bukan faktor penentu kelulusan.

“Anak-anak terlihat santai tidak tertekan karena nilai ujian bukan faktor penentu kelulusan,” ungkap Jokowi.

Mendikbud Anies Baswedan menyatakan efisiensi anggaran untuk UN CBT mencapai 30 persen.

“Biaya pengiriman untuk soal ujian itu Rp80.000 per anak. Karena mengirim kertas dengan mengirim batu itu sama biayanya. Sama beratnya, sama mahalnya,” imbuh Anies.

Selain itu, Mendikbud menjelaskan ada 29 sekolah yang gagal melaksanakan UN CBT. Sebelumnya, UN CBTdirencanakan diikuti 585 sekolah.

“Dari 585 sekolah, 556 akhirnya mengikuti UN CBT,” jelas Anies.

Baca selengkapnya: epaper. solopos.com

[Baca juga: Jokowi Beri Semangat kepada Peserta UNSerikat Guru Indonesia Sebut Soal Ujian Nasional Diduga Bocor]

JOKOWI MANTU: Desainer Deg-Degan Garap Baju Pengantin Gibran-Selvi
Berbagai persiapan dilakukan menjelang pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, dengan Selvi Ananda. Busana pengantin mereka pun telah dipesan. Berikut laporan wartawan Solopos, Chrisna Chanis Cara.

Mungkin tak ada yang menyangka gaun utama calon pengantin Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda dikerjakan di sebuah butik sederhana di bilangan Jl. R.M. Said, Punggawan, Banjarsari, Solo.

Busana mantu Presiden Joko Widodo (Widodo) tengah dikerjakan Hanif A. Nanjaya, seorang desainer muda asal Solo. Sekilas butik bernama Chili Kebaya ini layaknya ruko biasa.



Rumah mode itu berdiri di tanah seluas 50 meter persegi dengan luas bangunan 150 meter persegi. Di etalase butik, berjajar empat karya kebaya milik Hanif yang sudah 10 tahun berkiprah di dunia desain.

“Kami saja kaget saat Mas Gibran datang ke sini bulan lalu,” ujar Doddy Nanjaya, Manajer Chili Kebaya, yang juga suami Hanif A. Nanjaya saat ditemui Espos di butiknya, Selasa (14/4/2015).

Baca selengkapnya: epaper. solopos.com

[Baca juga: Begini Jumpa Pers dengan Gibran-Selvi…Akan Mantu, Ibu Negara Beli Tanaman Hias Rp1 Juta]

PSG VS BARCELONA: Bukan Duel Deja Vu
Barcelona dan Paris Saint- Germain (PSG) benar-benar berjodoh. Hanya sekitar empat bulan, kedua tim raksasa Eropa ini kembali dipertemukan di ajang Liga Champions musim ini. Barcelona akan melawat ke kandang PSG untuk melakoni leg pertama babak perempat final di Parc des Princes, Paris, Kamis (16/4/2015), pukul 01.45 WIB.

Sebelumnya, Lionel Messi dkk. telah bertemu dua kali di fase grup musim ini. Pada pertemuan di Parc des Princes, Oktober lalu, Barca menelan kekalahan 2-3. Sementara di Camp Nou, giliran Barca yang meraup kemenangan dengan skor 3-1, Desember silam.

Meski demikian, pertemuan di Parc des Princes, medio pekan ini, sepertinya bukan laga dejavu bagi kedua tim. PSG diprediksi sulit mengulang kemenangan ketika menjamu raksasa Catalan di Parc des Princes karena kehilangan sejumlah pemain yang mengalami cedera dan terkena sanksi.

Baca selengkapnya: epaper. solopos.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya