SOLOPOS.COM - Foto Selvi Ananda dan Gibran Rakabuming yang beredar di media sosial. (Twitter)

Gibran Rakabuming segera menikah. Gibran akan menikah dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda.

Solopos.com, SOLO – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), sebentar lagi akan menikahkan putra pertamanya Gibran Rakabuming. Gibran dikabarkan akan menikah dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Bagaimana sebenarnya sosok Selvi, sang calon menantu Presiden itu? Berikut profil Selvi yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

Selvi lahir di Solo, 9 Januari 1989. Wanita dengan tinggi badan 162 cm dan berat badan 49 kg ini pernah menimba ilmu di STIE AUB Solo. Saat memenangi lomba Putri Solo tahun 2009, Selvi berhasil menyisihkan 41 pesaingnya.

Waktu itu, Selvi berpasangan dengan Surya Wahyu Raharjo, pria Solo kelahiran 1 Januari 1990 yang berdomisili di Jl. Hasanudin III/I, Purwosari, Laweyan, Solo.

Di mata orang-orang terdekatnya, Selvi dikenal sebagai pribadi yang pantang menyerah, supel, dan rendah hati. Selepas menyabet gelar Putri Solo tahun 2009, Selvi tak malu membantu ibundanya berjualan makanan di kawasan Galabo, Gladak, Solo.

Belakangan diketahui, Selvi juga sempat bekerja di salah saat bank swasta di kawasan Pasar Legi Solo.

“Yang saya ingat dari Selvi, orangnya pantang menyerah. Dia pernah ikut ajang Putri Solo sebanyak dua kali. Yang pertama gagal, yang kedua dia menang [tahun 2009]. Awalnya, saya melihat tidak ada sesuatu yang luar biasa dari dia. Seiring berjalannya waktu, ternyata dia memiliki potensi luar biasa. Dia benar-benar bisa berproses dan pantang menyerah untuk mewujudkan impiannya,” kata Ketua Paguyuban Putra-Putri Solo, Febri Hapsari Dipokusumo, saat dihubungi , Selasa (7/4/2015).

Sebagai Putri Solo Tahun 2009, Selvi dibekali dengan penguasaan bahasa Inggris, bahasa Jawa, dan pengetahuan umum. Waktu itu, salah satu tokoh Solo yang terjun langsung memberikan pembekalan kepada Selvi, yakni Iriana yang tak lain ibunda dari Gibran.

“Saya masih ingat Mbak Ana [Iriana Jokowi] juga memberi pembekalan kepada putra-putri Solo angkatannya Selvi. Dia juga pernah bilang kepada saya, semoga anaknya bisa mendapatkan istri seperti Putri Solo. Ternyata, hal itu menjadi kenyataan saat ini. Kepada Selvi, saya berharap dia akan selalu menjadi dirinya sendiri di masa mendatang,” kata Febri.

Kabid Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Budi Sartono, mengatakan sosok Selvi sudah mencerminkan seorang putri Solo. Selvi menurutnya memiliki semangat yang ulet, cerdas, cantik, dan sopan.

“Saya juga tak menyangka, ternyata Selvi saat ini akan menjadi menantu Presiden,” kata dia.

Informasi yang dihimpun di lapangan, kedekatan Gibran dengan Selvi bermula dari prestasi Selvi yang memenangi pemilihan Putri Solo tahun 2009. Setelah menang, Selvi menjadi duta wisata di Kota Bengawan.

Kebetulan, waktu itu dirinya sering sowan ke Loji Gandrung yang merupakan rumah dinas wali kota Solo yang saat ini menjadi Presiden RI, yakni Jokowi. Saat itulah, benih-benih cinta antara Gibran dengan Selvi terajut. Hubungan mereka semakin intens setelah keduanya sering bertemu satu sama lain.

“Selama menjadi duta wisata itu, Selvi juga sering ke luar negeri, seperti di Singapura, Malaysia, dan Australia. Saat di Singapura, Selvi juga sempat bertemu dengan Gibran yang sedang menimba ilmu di sana. Hubungan itu terus terjalin hingga menuju ke pelaminan dalam waktu dekat ini,” kata Budi Sartono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya