SOLOPOS.COM - Potongan video saat Cak Imin bercanda bahwa fungsi sarung untuk selepet. (Instagram Anies Baswedan)

Solopos.com, JAKARTA — Ada yang unik dalam debat calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Jakarta Convention Center, Jumat (22/12/2023) malam.

Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, menilai janji cawapres nomor urut 01. Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, cukup aneh. Pasalnya, Cak Imin ingin membangun 40 kota setara Jakarta jika terpilih sebagai wakil presiden.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Hal itu disampaikan Cak Imin untik menjawab pertanyaan panelis soal solusi atas tingginya potensi orang untuk berpindah tinggal di perkotaan.

“Di antara kebutuhan adalah infrastruktur tyang memadai, agar tidak terjadi penumpukan di satu kota harus ada pembangunan pemerataan perkotaan. Minimal 40 kota baru yang selevel dengan Jakarta,” ujar Cak Imin.

Pernyataan itu kemudian disanggah Gibran yang menilai Cak Imin kontradiktif dengan ketidaksetujuannya soal pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Gus Muhaimin ini agak aneh, pengin bangun kota selevel Jakarta tapi enggak setuju IKN,” ujar Gibran.

Gibran juga menegaskan untuk mengatasi permasalah perkotaan yang utama adalah penyelesaian masalah transportasi umum dan lingkungan kumuh. Menurut Gibran, itu bisa dilakukan dengan menggandeng sejumlah pihak, termasuk swasta.

Sementara itu. cawapres nomor urut 03, Mahfud MD, juga menganggap pernyataan Cak Imin untuk membangun 40 kota setara Jakarta cukup mengejutkan.

“Cak Imin saya agak kaget juga mau membangun 40 kota selevel Jakarta. Apa itu bisa dilaksanakan lima tahun bapak selama jadi wakil presiden. Pembiayaannya APBN atau APBD atau perlukah lembaga khusus seperti ditanyakan tadi, ini perlu dijawab dulu,” ujar Mahfud MD.

Menanggapi tanggapan kedua cawapres, Cak Imin menekankan pembangunan 40 kota itu difokuskan kepada kota yang sudah ada dengan memberikan sedikit sentuhan agar bisa naik level.

“Yang saya sampaikan tadi seperti Jakarta itu memiliki standar sampai menuju Jakarta. Tentu kota yang potensial cukup disentuh anggaran yang menumbuhkembangkan,” tegas Cak Imin.

Perlu diketahui, tema debat cawapres kali ini meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya