SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyaksikan Indo Defence 2022 Expo & Forum yang digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/11/2022). (Istimewa/www.presidenri.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Partai Gerindra menolak ajakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk bergabung dengan Koalisi Perubahan.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan bahwa seluruh kader Gerindra sepakat mengusung kembali Ketua Umum Prabowo Subianto menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Di sisi lain, Koalisi Perubahan yang terdiri dari PKS, Partai NasDem, dan Partai Demokrat akan mengusung eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi capres.

“Ya kalau kami kan amanat rapimnas [rapat pimpinan nasional] sudah jelas dan pasti bahwa capres dari Gerindra adalah Prabowo Subianto,” jelas Dasco kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Meski begitu, Gerindra tetap membuka peluang partai politik lain untuk bergabung dengan koalisi mereka. Saat ini, Gerindra baru berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca Juga : DPC-Anak Ranting Gerindra Solo Mulai Bergerak Menangkan Prabowo di Pemilu 2024

Dia menyampaikan Gerindra sudah melakukan penjajakan ke beberapa partai politik. Oleh sebab itu, lanjutnya, Gerindra ingin PKS yang bergabung ke koalisi mereka dan bukan sebaliknya.

“Kalau ada yang mau mengajak kami bergabung, kami balik saja. Mengapa enggak ikut bergabung bersama kami?” ujar wakil ketua DPR itu.

Sebelumnya, Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan pihaknya tak menutup kemungkinan kembali berkoalisi dengan Gerindra, seperti pada Pilpres 2014 dan 2019.

Meski demikian, Kholid mengatakan keadaan berbeda untuk Pilpres 2024 karena PKS tak ingin kembali mengusung Prabowo. Oleh sebab itu, menurut Kholid, kini waktunya PKS yang mengajak Gerindra bergabung ke Koalisi Perubahan.

“Kalau 2014 dan 2019 kami kan sudah pernah mendukung Pak Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum Gerindra. Nah untuk 2024 saatnya bergantian, giliran Gerindra yang kami ajak untuk ikut pilihan PKS. Nanti jika Koalisi Perubahan jadi dideklarasikan,” jelas Kholid saat dikonfirmasi Senin (5/12/2022).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Tolak Ajakan PKS, Gerindra Ogah Gabung ke Koalisi Perubahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya