SOLOPOS.COM - `Mahasiswa UDB magang di perusahaan bonafide. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Data science keahlian yang sangat penting pada era teknologi informasi, dengan melakukan pengolahan data.

Keahlian yang dimiliki adalah keahlian menganalisis, memvisualisasikan dan mengolah data sehingga dapat membantu perusahaan untuk perbaikan proses dalam pengambilan keputusan.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Berdasarkan hasil riset Mc Kinsey & Company pada 2018 diperkirakan ada kebutuhan 140.000-190.000 data scientist yang harus dipenuhi ditingkat global, sehingga kebutuhan pekerjaan data scientist mengalami peningkatan 6,5 kali lipat daripada 5 tahun sebelumnya.

Sehubungan dengan hal tersebut diperlukan peningkatan kompetensi mahasiswa dan lulusan di bidang data science sehingga mampu bersaing di dunia kerja.

Pada kesempatan kali ini Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo menerjunkan 20 mahasiswa program studi Sistem Informasi magang data science ke perusahaan-perusahaan bonafide.

Keduapuluh mahasiswa ini merupakan mahasiswa pilihan yang telah diseleksi ketat oleh program studi. Mahasiswa tersebut harus memiliki keahlian dalam Phyton, Pyspark haddop, SQL, Apache, PHP, Tensorflow, Android Studio, dan Tableu.

Perusahaan bonafide yang dijadikan tempat magang di antaranya adalah PT Danliris, PT Sritex, PT Pintraco Sekuritas, Duxeos Software Hause, dan PT Umbi Technology Indonesia. Magang tersebut dimulai dari 15 Agustus 2022- 15 February 2023.

Program magang ini merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dirancang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan khususnya data science untuk bekal memasuki dunia kerja.

Magang MBKM memiliki konversi nilai sebanyak 20 SKS, di antaranya adalah etika profesi data science, pemrosesan data (data processing), pemodelan data (data modelling), data engineering, data visualization, data analytics dan data management.

Dalam pelaksanaan magang, mahasiswa diajari langsung oleh praktisi data science dari perusahaan-perusahaan tempat magang. Tidak hanya secara teoristis, akan tetapi mahasiswa tersebut juga diajak terjun secara langsung bergabung dengan team data scientist perusahaan menyelesaikan permasalahan bisnis yang dihadapi perusahaan.

Selama proses magang, mahasiswa memperoleh pengalaman yang sangat berharga untuk menjadi bekal sebelum terjun ke dunia kerja.

Mahasiswa sangat berterima kasih kepada seluruh staf dan jajarannya yang telah mengajari dan memberikan ilmu kepada mahasiswa yang diterima dan diperlakukan dengan baik selama magang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya