SOLOPOS.COM - ilustrasi gempa di Kepulauan Tanimbar (Antara)

Solopos.com, MALUKU — Gempa bumi bermagnitudo 6,1 menyapa di Kepulauan Tanimbar, Maluku, Selasa (2/11/2021) pukul 23.34 WIB.

Pusat gempa berada di laut, 123 km barat Pulau Larat, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) seperti dikutip Antara, Rabu (3/11/2021), menginformasikan gempa tersebut terjadi di kedalaman 123 km, pada koordinat 6,93 LS-130,63 BT.

Gempa tersebut dapat dirasakan dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI) di Saumlaki dan skala II-III MMI di Tual.

Skala II MMI yakni getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala III MMI Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Belum diketahui ada tidaknya kerusakan akibat fenomena alam tersebut.

Dua puluh tiga jam sebelumnya gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,2 mengguncang wilayah Nias Barat, Sumatra Utara, Selasa sekitar pukul 00.04 WIB.

Episentrum gempa berada di 130 kilometer barat daya Nias Barat. Koordinat gempa 0,19 Lintang Utara dan 96,58 Bujur Timur dengan kedalaman 16 kilometer.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya