SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA–Wilayah Pangandaran dan Garut, Jawa Barat diguncang gempa bumi tektonik, Selasa (3/1/2023) pukul 06.55 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 4,9. Episenter terletak pada koordinat 8.14 LS dan 107.88 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km barat daya Kabupaten Pangandaran, Jabar pada kedalaman 29 km.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Menurut BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran di dasar laut di Samudra Hindia selatan Jawa Barat.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Garut, Pangalengan, Bungbulang, Pameungpeuk, Sindangbarang, dan Cidaun, dalam skala intensitas III MMI.

Di Pangandaran, Tasikmalaya, Cisompet, dan Kota Banjar dalam skala intensitas II-III MMI.

Di Sukabumi, Cianjur dan Kabupaten Bandung dalam skala intensitas II MMI.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 07:20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Garut dan Pangandaran Hari Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya