SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Grafis/Is Ariyanto)

ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Grafis/Is Ariyanto)

JAKARTA--Gempa kedua berkekuatan 8,1 skala richter (SR) kembali mengguncang Aceh dan Sumatera utara. Di Simeuleu, Aceh, warga kembali berlarian menuju ke atas gunung untuk menyelamatkan diri saat gempa kembali terjadi .

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Warga kembali lari ke gunung saat gempa kedua ini,” ujar relawan PMI di Simeleu, Boy kepada detikcom, Rabu (11/4/2012).

Menurut Boy, saat gempa pertama terjadi dengan kekuatan 8,5 SR, beberapa warga mencoba mengecek ke bibir pantai dan tidak menemukan adanya ciri-ciri yang mengarah ke terjadinya tsunami. “Yang kedua ini belum kita cek lagi,” kata Boy.

PMI Simelue juga belum mendapatkan adanya korban saat terjadi gempa tersebut.

“Saat ini petugas kita juga masih mengecek di kampung-kampung,” terangnya.

Warga Simeulue, Aceh, belum beranjak dari perbukitan. Saat terjadi gempa susulan 8,1 SR, mereka ketakutan.

“Getarannya terasa sekali tapi tidak selama gempa-gempa sebelumnya,” kata salah satu warga, Purwanti, kepada detikcom, Rabu (11/4/2012), sekitar pukul 18.00 WIB.

Purwanti mengaku tidak bisa memantau gelombang laut karena masih berada di perbukitan. Sejak gempa pertama sore tadi, ia mengungsi ke perbukitan.

“Dari tadi, warga belum berani turun,” katanya.

Saat ini, hujan turun dan listrik masih mati. Sehingga kondisinya gelap gulita.

Gempa berkekuatan besar terjadi di Aceh dan Sumut. Data Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tercatat kekuatan gempa 8,5 SR. Kemudian pada pukul 17.43 WIB, gempa 8,8 SR terjadi di ordinat 0.78 lintang utara dan 92,15 bujur timur. Posisi gempa di 483 km barat daya Simeulue dengan kedalaman 10 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya