SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Port-au-Prince--Dunia internasional dan badan-badan kemanusiaan bergegas memberikan bantuan untuk Haiti yang porak-poranda diguncang gempa dahsyat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirimkan personel untuk membantu membersihkan Port-au-Prince, ibukota Haiti dari mayat-mayat korban. Palang Merah Internasional mengirimkan pesawat yang sebagian besar berisi kantong jenazah.

Promosi BRI dan Microsoft Eksplorasi AI demi Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Dari Prancis, 65 personel pembersih puing-puing dan 6 anjing pelacak dikirimkan ke Haiti. Sedangkan pemerintah Spanyol mengerahkan tiga pesawat yang mengangkut tim penyelamat dan 100 ton tenda, selimut dan alat-alat masak. Demikian seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (14/1).

Adapun pemerintah Israel mengirimkan unit khusus penyelamat Angkatan Darat yang terdiri dari para dokter dan teknisi. Pemerintah AS juga mengirimkan kapal-kapal, helikopter, pesawat transpor beserta 2 ribu personel Marinir untuk misi kemanusiaan ke Haiti.

Tim militer dari Kanada juga telah tiba di Haiti untuk memberikan bantuan. Pemerintah Kanada menjanjikan donasi awal sebesar US$ 4,8 juta. Sedangkan pemerintah China menjanjikan bantuan senilai US$ 1 juta. Komisi Eropa telah menyetujui bantuan dana US$ 4,37 juta untuk Haiti.

Sekitar 100 ribu orang dikhawatirkan tewas akibat gempa yang mengguncang Haiti. Gempa berkekuatan 7 Skala Richter itu merupakan yang terdahsyat di Haiti dalam kurun waktu 200 tahun.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya