SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang wilayah Banten pada Minggu (9/10/2022).

Getaran gempa dilaporkan terasa hingga Jakarta. BMKG menyebut pusat gempa berada di barat daya Bayah, Banten dan tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Gempa berkekuatan magnitudo 5,5 ini terjadi pukul 17.02 WIB di kedalaman 12 kilometer. “Mag:5.5, 09-Okt-22 17:02:44 WIB, Lok:7.09 LS,106.08 BT [26 km Barat Daya BAYAH-BANTEN]. Kedlmn:12 Km, tdk berpotensi tsunami,” tulis BMKG melalui akun Twitter resmi, Minggu (9/10/2022).

Meski tidak berpotensi menyebabkan tsunami, BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi gempa susulan yang mungkin terjadi.

Getaran gempa dengan kekuatan magnitudo 5,5 tersebut terasa hingga ke Jabodetabek langsung menjadi trending topic di Twitter. Berdasarkan pantauan pada Minggu (9/10/2022) pukul 17.18 WIB, cuitan dengan tagar Gempa sudah mencapai lebih dari 45.000 tweets.

Baca Juga : 38 Gempa Darat Guncang Jateng pada 2022

Selain itu, warganet atau pengguna Twitter juga mencuitkan terjadinya gempa dengan frasa “kerasa”, yang telah dicuitkan hingga 7.000 tweets.

“Gempa!” cuit penyanyi Kunto Aji @KuntoAjiW.

“Cara paling gampang validasi gempa apa engga, langsung aja cek Twitter,” tulis akun @esa.

Warganet terlihat beramai-ramai mencari informasi kebenaran gempa itu. Pasalnya, bukan saja kata kunci gempa, trending Twitter juga dipenuhi #Tangerang, kerasa, hingga kenceng.

“Tuh kan bener [gempa]. Ya Allah kaget banget Astgahfirullah,” tulis akun @amard** mengomentari postingan BMKG di Twitter.

Baca Juga : Gempa Tapanuli Utara, BNPB: 962 Rumah Rusak, 1 Orang Meninggal

“Bogor kerasa banget,” timpal akun @nessa***

“Depok kerasa bgt,” tambah akun lainnya.

Gempa magnitudo 5,5 itu tidak hanya terasa hingga Jadodetabek saja. Gempa berkekuatan magnitudo 5,5 itu turut dirasakan hingga ke Bandung, Jawa Barat.

“Di bayah berasa sampe ke bandung,” tutur akun @nyamnyam***

Baca Juga : BMKG Catat 345 Kali Gempa Bumi di Bengkulu Mulai dari M 6,5 sampai M 2,0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya