SOLOPOS.COM - Ilustrasi titik gempa bumi M5,2 di Pangandaran. (Twitter @infoBMKG)

Solopos.com, PANGANDARAN — Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Pangandaran, Jawa Barat (Jabar), Selasa (2/3/2022) malam.

Dikutip dari laman BMKG, gempa bumi berkekuatan 5,2 Magnitudo itu terjadi pada Selasa malam, pukul 22:22:26 WIB. Episenter gempa terjadi di 8,48 LS -107,57 BT, sekitar 134 kilometer (km) Barat Daya, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (Jabar).

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Informasi dari BMKG, gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami. “#Gempa Mag:5.2, 01-Mar-22 22:12:26 WIB, Lok:8.48 LS,107.57 BT (134 km BaratDaya KAB-PANGANDARAN-JABAR), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG,” tulis akun @infoBMKG.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 4,2 Guncang Pangandaran

Meski demikian, guncangan yang disebabkan gempa bumi itu cukup besar karena kekuatannya yang menyerupai gempa bumi di Pasaman Barat, Sumatra Barat, dengan kekuatan Magnitudo 5,1.

Meski tidak berpotensi tsunami, gempa bumi ini terasa hingga ke Garut dan Tasikmalaya. Hal ini seperti yang diungkapkan beberapa netizen di Twitter.

ya Allah ke garut kerasa,” tulis akun @iqbailee.

Pantesan tadi kerasa bgtt di cikatomas ? gimana ya org Pangandaran kalo gempa panik apa lagi yang lagi liburan di Pangandaran ga kebayang gimna mereka disana kalo lagi ada gempa ??,” tulis akun @louversttt..

Soreang kerasa,” sambung akun @chyntiand.

kerasa banget di tasik, dan selalu kalo ada gempa langsung cek twt bmkg,” imbuh akun @biyuripul.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Banten, Tak Berpotensi Tsunami

Meski demikian, ada beberapa netizen yang mengaku berada di wilayah Pangandaran dan Tasik tidak merasakan efek gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,2 itu.

kamu tasiknya dimana kak? aku di Rajapolah ga kerasa klo ada gempa,” tulis akun @winvophile.

Pangandaran aman ya bestie. Banyak yang gak ngerasa ada gempa juga. Jadi gak perlu panik bagi pengunjung yang berencana akan ke Pangandaran,” tulis akun @TaopiKu.

Sementara itu, hingga saat ini belum ada laporan terkait kerusakan maupun dampak dari gempa bumi di Pangandaran tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya