SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi. (Freepik)

Solopos.com, PANGANDARAN — Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,2 terjadi di barat daya Kabupaten Pangandaran pada Rabu (2/2/2022) pukul 10.23 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memaparkan data pusat gempa bumi tersebut berada di laut, tepatnya 82 kilometer (Km) barat daya Kabupaten Pangandaran.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Baca Juga : Gempa Magnitudo 6,2 Goyang Maluku

“Gempa dirasakan magnitudo 4,2 pada kedalaman 18 Km di laut pada Rabu, 2 Februari 2022 pukul 10.23.01 WIB,” tulis BMKG melalui laman resmi bmkg.go.id, Rabu.

Koordinat gempa bumi berada di 8.16 Lintang Selatan (LS) hingga 107.91 Bujur Timur (BT). Sejumlah wilayah merasakan gempa bumi M4,2 tersebut. Kekuatan gempa bumi yang dirasakan di masing-masing daerah tersebut berbeda.

“MMI II-III di Tasikmalaya dan Ciamis. MMI II dirasakan masyarakat yang berada di Pangandaran, Cipatujah, Cijulang, Ciawitali, Parigi, Cikatomas, Singajaya, dan Cisompet,” jelas BMKG.

Baca Juga : Malang Digoyang Gempa Magnitudo 5,2

Gempa bumi pernah terjadi di lokasi tersebut pada Kamis (27/1/2022) pukul 23.03.03 WIB. Gempa bumi terjadi pada koordinat 8.86 LS hingga 108.16 BT.

Saat itu, gempa bumi berkekuatan M5.3. Pusat gempa bumi berada di laut dengan kedalaman 10 Km.

“Pusat gempa bumi berada di laut, tepatnya 133 Km di barat daya Pangandaran,” tulis BMKG.

Baca Juga : Gempa Bumi Magnitudo 5,4 Guncang Lebak Banten

Sejumlah wilayah terdampak gempa bumi itu, yakni Pangandaran dan Kebumen MMI III-IV, Tasikmalaya, Banjar, dan Ciamis MMI III. Selain itu, MMI II dirasakan masyarakat di Garut dan Periangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya