SOLOPOS.COM - Ilustrasi (AFP)

Ilustrasi (AFP)

SOFIA- Gempa bumi berkekuatan 5,8 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Bulgaria, yang terletak di kawasan Eropa. Belum ada laporan korban jiwa ataupun kerusakan parah akibat gempa ini.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Gempa tersebut berkekuatan 5,8 dalam skala Richter dengan pusat gempa berada di dekat Sofia, di antara kota Pernik dan Radomir. Kami juga mencatat sejumlah gempa susulan setelahnya,” ujar juru bicara Institut Seismologi Bulgaria kepada AFP, Selasa (22/5/2012).

Gempa bumi berkekuatan 5,8 SR ini tercatat terjadi pada pukul 03.00 waktu setempat. Gempa ini diikuti oleh sejumlah gempa susulan yang dihitung berkekuatan 4,2 – 4,3 SR.

Belum ada laporan soal korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa ini. Namun sejumlah warga mengakui getaran gempa dirasakan sangat kuat di wilayah Sofia, ibukota Bulgaria.

Warga yang tinggal di apartemen dan berada di bangunan bertingkat mengakui benda-benda berjatuhan di lantai ketika gempa terjadi. Menurut mereka, getaran gempa dirasakan selama beberapa menit dan kemudian diikuti oleh gempa susulan.

“Semuanya berguncang hebat. Saya berlari sambil berteriak-teriak. Saya tidak akan pulang ke rumah hari ini,” tutur salah seorang remaja bernama Maria yang tinggal di sebuah apartemen di Sofia.

Karena gempa terjadi pada dini hari, sejumlah warga pun terpaksa berlarian ke luar rumah dengan hanya mengenakan piyama. Takut dengan gempa susulan, mereka memilih untuk tetap berada di luar rumah hingga kondisi benar-benar kondusif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya