SOLOPOS.COM - Bangunan masjid rusak akibat gempa 6,5 SR yang mengguncang Pidie Jaya, Aceh. (Istimewa/Sutopo/BNPB)

Sekitar 30 persen wilayah Pidie Jaya terdampak gempa.

Solopos.com, PIDIE JAYA – Bencana gempa berkekuatan 6,6 SR yang terjadi di Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12/2016), mengakibatkan menewaskan puluhan orang, dan melukai ratusan orang. Bupati Pidie Jaya, Aiyub Ben Abbas memperkirakan 30 persen wilayah Pidie Jaya mengalami kerusakan parah.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Kerusakan merata, persentase hampir 30 persen wilayah. Yang rusak rumah penduduk, masjid, gedung,” kata Aiyub seusai menghadiri acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2017 dan Anugerah Dana Rakca tahun 2016 bagi daerah berkinerja baik di Istana Negara Jakarta, Rabu.

Ketika ditanya jumlah korban akibat gempa, ia belum bisa memastikan karena diperkirakan masih terus bertambah mengingat masih ada yang tertimbun reruntuhan.

“Belum tahu [jumlah] korban, tapi yang [saya] dengar ramai, tapi sudah dievakuasi ke rumah sakit. Sekitar ratusan yang sudah dibawa ke rumah sakit untuk penanganan. Ada yang patah, ada yang terkilir dan sebagainya,” katanya, seperti dikabarkan Antara.

Aiyub mengatakan petugas yang akan menangani korban disiagakan dari puskesmas hingga rumah sakit, namun jika korban luka parah langsung dibawa ke Banda Aceh. “Kalau berat dievakuasi ke Banda Aceh,” kata Aiyub.

Bupati berharap segera mendapat bantuan dalam menanggani gempa tersebut, terutama untuk rehabilitasi pasca bencana. Bupati Pidie Jaya ini juga mengatakan akan langsung balik ke daerahnya setelah acara di Istana Negara dan Kementerian Keuangan.

Menurut data yang diumumkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jumat siang, korban meninggal mencapai 52 orang. “Total korban 52 orang meninggal, 73 orang luka berat dan 200 luka ringan,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam pernyataanya yang disiarkan langsung sejumlah stasiun tv swasta, Rabu.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya