SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Gempa berkekuatan 7,3 skala richter (SR) mengguncang kawasan lepas pantai El Salvador dan Nikaragua, Amerika Tengah. Getaran gempa bahkan terasa di seluruh kawasan Amerika Tengah, Senin malam (13/10/2014). Dilaporkan, terdapat satu korban tewas pada bencana itu.

Dilansir dari Reuters, layanan darurat El Salvador mendesak orang yang tinggal dekat pantai untuk segera lakukan evakuasi setelah adanya tanda-tanda peringatan tsunami. Meskipun demikian, tampaknya masyarakat sekitar pantai tenang, seperti yang terjelaskan dari berbagai kicauan lewat Twitter.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Wali Kota San Miguel, Wilfredo Salgado, di El Salvador, mengatakan pada akun Twitternya bahwa seorang pria tewas setelah satu tiang listrik menimpanya. Sementara itu Xiomara Amaya, 30, masyarakat El Salvador berkicau. “Rasanya benar-benar kuat, tiba-tiba seluruh rumah mulai bergerak.”

Lembagai Geologi Amerika Serikat memperkirakan, pusat gempa diperkirakan sekitar 42 kilometer -barat daya dari Jiquilillo, lepas pantai San Salvador, dan Nikaragua, dengan kedalaman 25 mil (40 km). Pada peristiwa ini The Pacific Tsunami Warning Center sempat memperingatkan adanya potensi gelombang tsunami, namun kemudian menarik kembali ancaman itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya