SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SOLO–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi gempa bumi berkekuatan 6,2 Magnitudo di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Senin (16/1/2023) pukul 05.30 WIB.

Pusat gempa terdapat di lintang 1.91 LU bujur 97.83 BT di kedalaman 23 km (Sumatra Utara). Lokasinya di 47 km Tenggara Aceh Singkil atau 74 km timur laut Gunung Sitoli, Sumatra Utara atau 74 km timur laut Nias Utara, Sumatra Utara atau 209 km barat daya Medan, Sumatra Utara atau 1.343 km barat laut Jakarta

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

“Pusat gempa berada di laut dan tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG dalam keterangan yang diterima Solopos.com, Senin.

Gempa tersebut dirasakan kuat di Aceh Singkil selama lebih kurang tiga detik. Gempa itu menimbulkan kepanikan warga. Hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Singkil belum mendapatkan informasi dampak akibat gempa tersebut.

Gempa juga dirasakan kuat di Tapanuli Tengah selama 3-5 detik sehingga menimbulkan kepanikan warga. BPBD Tapanuli Tengah belum mendapatkan informasi dampak gempa tersebut.

“Gempa juga dirasakan kuat di Nias Utara dengan durasi 3-5 detik yang menimbulkan kepanikan warga. BPBD Nias Utara belum mendapatkan informasi adanya dampak akibat gempa itu,” tulis BMKG.

Pada waktu yang sama, gempa dirasakan sedang di Aceh Selatan dengan durasi 5-10 detik. Getaran yang cukup lama itu membuat warga panik. Kendati demikian, BPBD Aceh Selatan belum mendapatkan informasi adanya dampak gempa tersebut.

Gempa pun dirasakan di dua daerah lainnya, yakni Kota Gunung Sitoli dan Kota Subulussalam. Gempa di dua kota itu dirasakan selama 5-10 detik. BPBD masing-masing kota belum mendapat informasi adanya dampak gempa itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya