SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Ambon–
Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) yang mengguncang Saumlaki, ibu kota kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) pada Sabtu subuh, sekitar pukul 03.14 WIT tidak dirasakan masyarakat karena letak lokasinya jauh”.

“Pusat gempa pada 189 kilometer Barat Laut Saumlaki dengan kedalaman 142 km sehingga guncangannya tidak dirasakan masyarakat di ibu kota kabupaten MTB,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Maluku, Irwan Slamet, di Ambon.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Pusat gempa terjadi di 6,71 Lintang Selatan-130,17 Bujur Timur, tidak juga berpotensi gelombang pasang (tsunami). BMKG juga menginformasikan gempa tersebut berada pada 309 kilometer Barat Daya Tual( Maluku),  408 kilometer Tenggara Ambon, ibu kota Provinsi Maluku dan 482 Barat Daya Fakfak, Papua Barat.

Irwan mengatakan, karena gempa tidak dirasakan, maka masyarakat jangan panik bila hendak berlayar. “Kami senantiasa memantau perkembangan kemungkinan terjadi gempa susual dan siap menginformasikan bila terjadi sewaktu – waktu,” ujarnya.

Saumlaki terakhir diguncang gempa 5,8 SR pada 24 Desember  2009, sekitar pukul  06.37 WIT. Pusatnya di  di 7,18 Lintang Selatan-130,16 Bujur Timur, dengan pusat 155 kilometer Barat Laut Saumlaki-Maluku.

Gempa yang berada pada kedalaman 90 kilometer tersebut, tidak berpotensi tsunami.

ant/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya