SOLOPOS.COM - Lokasi Tulungagung, Jawa Timur. (wikipedia.org)

Lokasi Tulungagung, Jawa Timur. (wikipedia.org)

Lokasi Tulungagung, Jawa Timur. (wikipedia.org)

Solopos.com, BANDARLAMPUNG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan terjadi gempa bumi berkekuatan 5,0 skala Richter di 140 km tenggara Tulungagung Jawa Timur, Senin (15/7/ 2013) sekitar 22.00 WIB. Episentrum gempa pada koordinat 9’ 39” Lintang Selatan dan 112’ 00” Bujur Timur, dengan kedalaman 17 km.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Dalam dua bulan terakhir, terjadi beberapa kali gempa tektonik di Tanah Air. Yang terbesar terjadi di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, berkekuatan 6,2 skala Richter, pada Selasa lalu (2/7). Sebanyak 33 orang warga Aceh Tengah dan sembilan di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, meninggal dunia, dan enam masih dinyatakan hilang, serta ratusan lainnya luka-luka, ditambah lebih dari 50.000 pengungsi.

Gempa tektonik berkekuatan 5,2 skala Richter juga mengguncang Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku, Rabu dini hari, pukul 01.15 WIT tidak menimbulkan kerusakan. Selain itu, gempa bumi berkekuatan 5,9 pada skala Richter yang berpusat di 112 kilometer tenggara Kota Malang, Jawa Timur, Senin pagi lalu, juga dirasakan warga Kota Denpasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya