SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kupang– Gempa berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR), Selasa (5/1), mengguncang Manggarai di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), namun tidak menimbulkan korban jiwa.

Gempa yang terjadi pada pukul 05:28:31 Wita itu berada pada posisi 7,31 LS – 120,69 BT dengan pusat gempa sekitar 145 kilometer timur laut Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Gempa itu berada pada kedalaman 517 kilometer,” kata Kepala Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kupang Haryanto di Kupang, Selasa.

Guncangan gempa tersebut juga dirasakan warga masyarakat di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), namun kekuatannya hanya 4,3 SR dan berada pada kedalaman 10 kilometer pada posisi 9,56 LS dan 124,5 BT.

Gempa tersebut, katanya, tidak berpotensi menimbulkan tsunami dan merusakan bangunan di atasnya karena berada pada kedalaman 157 kilometer.

“Meski gempat tersebut tidak berpotensi tsunami, masyarakat diimbau tetap waspada sebab bukan tidak mungkin akan terjadi gempa susulan dengan skala yang lebih besar lagi, karena NTT merupakan salah satu wilayah yang juga terletak di jalur gempa,” katanya.

Wakil Bupati Timor Tengah Utara (TTU) Raymundus Fernandez yang dihubungi dari Kupang, Selasa, mengatakan tidak sempat merasakan getaran gempa tersebut, karena masih tidur lelap.

“Saya baru mendegar informasi lewat internet setelah berada di kantor dan infromasi tersebut dibenarkan sejumlah warga yang sempat merasakan getaran gempa tersebut,” katanya.

Sebelumnya, pada pertengahan Desember 2009 lalu, gempa berkekuatan 5,5 SR juga mengguncang Kota Kupang, namun tidak menimbulkan korban jiwa serta kerugian harta benda lainnya.

ant/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya