SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Padang–Gempa tektonik berkekuatan 4,0 skala richter (SR) dengan kedalaman 15 kilometer dan berpusat pada 70 kilometer barat daya Kota Padang, mengguncang wilayah pesisir pantai barat Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (15/1) siang.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumbar, mencatat gempa terjadi sekitar pukul 13.34 WIB pada titik 0,706 lintang selatan (LS) – 99,76 Bujur Timur (BT).

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Analis BMKG Padang Panjang, Irma Kurniawati mengatakan, guncangan gempa 4,0 SR dirasakan sebagian warga Padang Panjang dan Padang.

Namun, getarannya hanya berlangsung sebentar sehingga masyarakat tak ada yang panik dan gempa berada pada lokasi yang baru, bukan susulan.

Selanjutnya, Irma menyebutkan, guncangan gempa sejak sepekan terakhir telah terjadi selama tiga kali yang terdeteksi BMKG Padang Panjang, tapi pada lokasi yang berbeda.

Pada 10 Januari 2010 terjadi gempa tektonik berkekuatan 3,0 SR dengan pusat pada 30 km barat daya Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, berkedalaman 13 km dengan titik koordinat 1,52 LS – 100,36 BT.

Kemudian pada 12 Januari 2010, juga terjadi gempa vulkanik berkekuatan 3,3 SK pada 13 km barat Padang Pajang atau bersumber dari Gunung Merapi, berkedalaman 10 km.

Gempa yang mengguncang pesisir pantai barat Sumbar itu, dirasakan di Padang, tetapi tidak ada warga yang lari kanera panik keluar ruangan atau gedung.

ant/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya