SOLOPOS.COM - Program Studi (Prodi) Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menghelat Kuliah Tamu Prevensi dan Rehabilitasi Penyakit Jantung, Selasa (30/4/2024) di Ruang F114.(Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Program Studi (Prodi) Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menghelat Kuliah Tamu Prevensi dan Rehabilitasi Penyakit Jantung, Selasa (30/4/2024) di Ruang F114. Kuliah tamu ini tidak hanya menarik, tetapi juga bermanfaat bagi civitas academica UKSW dan masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen FKIK UKSW, serta dosen Universitas Sam Ratulangi (Unsrat). Selain itu, hadir tamu undangan dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Salatiga yang menjadi bukti komitmen UKSW dan Salatiga dalam mendorong prevensi dan rehabilitasi jantung. Turut membersamai kegiatan, Dekan FKIK Ir. Ferry F.Karwur, M.Sc., Ph.D.

Dalam kuliah tamu ini, Dosen Fakultas Kedokteran UNSRAT dr. Victor F. F. Joseph, SpJp (K)., FIHA., seorang ahli Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah menjadi narasumber tunggal. Sementara itu, Dosen Prodi Kedokteran FKIK UKSW dr. Indrawan Adhitomo, M.Kes., Sp.KKLP., menjadi moderator kuliah tamu dengan memperkaya diskusi dengan pandangan-pandangan yang menarik dan bermanfaat.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Kedokteran FKIK, dr. Leonardo Trisnarizki, Sp.DV., menyambut peserta yang hadir dengan hangat. Ia menyampaikan terima kasih atas bimbingan dan arahan dari Unsrat yang telah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan Prodi Kedokteran UKSW yang telah dibuka pada September 2023 lalu.

Dr. Leonardo juga menginformasikan perkembangan Prodi Kedokteran UKSW yang memiliki 12 Laboratorium (Lab.) diantaranya Lab. Anatomi, Lab. Parasitology, Lab. Patologi Klinik, dan lainnya kini membuka pintu bagi gelombang kedua penerimaan mahasiswa baru.

Disampaikan dr. Leonardo, tujuan dari kuliah tamu ini tak sekedar memberikan informasi, tetapi juga membuka kesempatan bagi dosen dan mahasiswa untuk memperdalam pemahaman tentang pencegahan dan rehabilitasi penyakit jantung.

“Seiring dengan peningkatan angka pasien akibat penyakit jantung, pemahaman mendalam tentang faktor risiko dan tindakan preventif menjadi semakin krusial,” katanya dalam keterangan tertulis.

Panggilan untuk Beraksi

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM, Ph.D (AFHEA) mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kesedian dr. Victor F. F. Joseph menjadi narasumber.

Diungkapkannya, kuliah tamu ini bukan sekadar acara akademik rutin, melainkan merupakan upaya untuk terus meningkatkan skill dan pengetahuan, sekaligus bukti nyata kolaborasi yang kokoh antara Prodi Kedokteran FKIK UKSW dan Prodi Kedokteran UNSRAT. “Pimpinan UKSW terus mendorong kuliah tamu seperti ini ditingkatkan dan mendorong Prodi Kedokteran FKIK UKSW untuk semakin berkembang di masa sekarang dan masa mendatang,” tandasnya

Dalam pemaparannya, dr. Victor menyoroti pentingnya rehabilitasi kardiovaskuler sebagai upaya terintegrasi dalam mengontrol penyebab dasar penyakit jantung dan memperbaiki kondisi fisik serta mental pasien. Ia juga menggarisbawahi perlunya pengendalian faktor risiko seperti berhenti merokok, mengendalikan tekanan darah tinggi, dan menjaga berat badan ideal.

Pesan terpenting dari dr. Victor adalah pentingnya pengendalian faktor risiko dan gaya hidup sehat, khususnya bagi generasi muda. Ini adalah panggilan untuk beraksi, untuk mengubah cara hidup demi kesehatan jantung kita sendiri.

“Kami mendorong mahasiswa dan anak-anak muda untuk lebih aktif dalam bergerak dan juga berolahraga sehingga lebih sehat,” pesannya.

Dengan ketersediaan fasilitas yang memadai serta penyesuaian terus-menerus terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, diharapkan langkah-langkah ini akan membawa perubahan yang signifikan dalam penanggulangan penyakit jantung, bukan hanya bagi mahasiswa kedokteran, keperawatan, atau gizi, tetapi juga bagi masyarakat luas.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya