SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone)

JAKARTA – Maskapai Garuda Indonesia menargetkan dapat melayani seluruh daerah di Tanah Air termasuk kota-kota kabupaten dengan membuka lima bandara hub yakni di Jakarta, Surabaya, Makassar, Medan dan Denpasar. Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia Elisa Lumbantoruan mengatakan pasar domestik Indonesia sangat besar, dan inilah yang disasar Garuda sebagai maskapai flag carrier.

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

“Kami tidak akan berhenti melakukan ekspansi usaha, Indonesia negara kepulauan, kami targetkan bisa terbangi semua kota di Indonesia sampai ke kabupaten dengan pesawat baling-baling. Untuk ini kami masih melakukan kajian,” kata Elisa. Dia menambahkan sebagai flag carrier pihaknya akan memperluas jaringan ke seluruh dunia. Untuk itu perlu membuka bandara hub (pengumpul) di lima lokasi yakni Jakarta, Surabaya, Makassar, Medan dan Denpasar. “Misi kami adalah menjadi flag carrier di Indonesia dengan memberi akses ke seluruh kota-kota di Indonesia termasuk ke Kabupaten. Untuk terbang ke luar negeri, kami akan menggunakan Bali sebagai bandara beyond,” tuturnya.

Dia menargerkan dapat menjadi pemimpin pasar dari sisi jumlah penumpang, dan sebagai strateginya salah satunya dengan memperkenalkan budaya Indonesia di dalam pesawat Garuda maupun di ruang tunggu. “Kalau kita ingin bersaing dengan maskapai full service lainnya di dunia, kami harus memiliki keunikan, yakni dengan mengusung konsep budaya Indonesia seperti lewat musik, makanan, interior pesawat,” tuturnya.

Elisa menyebutkan jumlah penumpang Garuda sebanyak 7 juta pada periode Januari-Mei 2012 atau meningkat 20% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 5,8 juta penumpang. “Peningkatan jumlah penumpang dikarenakan Garuda pada periode tersebut melakukan penambahan rute baru, frekuensi penerbangan, dan penambahan armada,” tutur Elisa.

Dia menungkapkan hingga akhir tahun ini perseroan menargetkan jumlah penumpang sebanyak 23 juta penumpang, naik 35,29% dibandingakan realisasi jumlah penumpang 2011 sebanyak 17 juta penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya