SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–PT Garuda Indonesia (Persero) bersama PT Pertamina (Persero) sepakat melakukan perjanjian (MoU) jual beli avtur yang akan dilakukan di lima negara yaitu Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Hong Kong, dan Dubai. Dengan kerja sama ini diharapkan, porsi jual beli avtur Pertamina kepada Garuda di luar negeri akan meningkat mencapai 80%.

“Kerja sama ini dilakukan untuk menjamin pasokan avtur bagi kelancaran operasi penerbangan Garuda, dengan harga yang koiampetitif. Porsi pembelian di Pertamina diharapkan akan naik dari 60-65% menjadi 70-80%,” ujar Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt. Ari Sapari seusai penandatanganan jual beli avtur di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (17/2).

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Ia menerangkan, volume jual beli avtur Garuda di luar negeri mencapai 500 juta liter. Porsi pembelian melali Garuda mencapai 325 juta liter atau 65% dari total konsumsi untuk penerbangan luar negeri. Nah, dengan kerja sama ini, diharapkan meningkat menjadi 400 juta liter.

“Porsi kita dalam dan luar negeri, 50:50 dari total volume sebanyak 1 miliar liter. Penjanjian sebenarnya telah di mulai pada April 2009, untuk jangka waktu dua tahun. Tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang setelah tahun 2011,” jelas Ari.

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina A. Faisal beralasan kerja sama ini sebagai wujud pengembangan usaha perseroan di luar negeri. Dengan bekerja sama dengan badan pengelola avtur internasional, World World Fuel, Pertamina akan memasok avtur yang dibutuhkan Garuda, dimana armada singgah di lima kota tersebut.

“Dari lima negara, misalkan Hong Kong, Pertamina akan tender, lalu suplai ke Garuda. Tidak ada harga khusus, karena itu merupakan kesepakatan internasional. Tapi kalau harga sama, Garuda akan beli ke kita. Kalau GCG, kita sudah masuk,” paparnya.

dtc/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya