SOLOPOS.COM - Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud Md tampil pada Debat Cawapres 2024, Jumat (22/12/2023). (Youtube/KPU RI)

Solopos.com, SOLO — Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, bisa saja tersingkir dari Pilpres 2024 putaran kedua.

Burhanuddin turut menyoroti selama debat berjalan, pasangan Anies-Imin lebih banyak bertarung dengan Prabowo-Gibran. Berbeda dengan pasangan Ganjar-Mahfud yang dinilai biasa saja. Kondisi itu menempatkan posisi pasangan dengan nomor urut 3 itu dalam bahaya untuk turut serta pada putaran kedua pemungutan suara.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

“Artinya buat Mas Ganjar dan Pak Mahfud, harus menciptakan kejutan. Kalau average, baik capres ataupun cawapresnya, itu akan jadi berat untuk masuk ke putaran kedua,” kata Burhanuddin dalam rilis survei yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (26/12/2023).

Indikator Politik Indonesia memaparkan bahwa debat pertama Anies Baswedan dinilai menjadi kandidat capres yang tampil paling baik di acara debat dengan perolehan 35,5% suara.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan bahwa berdasarkan survei nasional 23—24 Desember 2023 itu sebanyak 57,7% tidak menyaksikan acara debat pertama untuk capres.

Selanjutnya, Prabowo Subianto berada di peringkat kedua dengan torehan 28,9% dan Ganjar Pranowo di 26,9%. Adapun, 8,7% memilih tidak menjawab siapa yang paling unggul.

“Sekitar 42,3% mengaku menyaksikan debat pertama, dari yang menyaksikan debat, paling banyak 35,5% menilai Anies Baswedan sebagai capres yang tampil paling baik di acara debat,” ujarnya.

Burhanuddin mengatakan bahwa usai menyaksikan debat secara langsung, masyarakat melihat bahwa Prabowo Subianto merupakan kandidat yang paling bagus dan realistis program kerjanya, yakni di 32,6%, sedangkan, Ganjar Pranowo di 26,8% dan Anies Baswedan di 26,1%.

Di sisi lain, Anies Baswedan justru dinilai sebagai capres yang memiliki cara penyampaian pendapat paling baik dibandingkan kedua kandidat lainnya, yaitu 38,3%, Prabowo di 27,8%, dan Ganjar di 26,3%.

Untuk diketahui, sampel sebanyak 1217 responden dipilih melalui kombinasi metode Random Digit Dialing (RDD) dan Double Sampling dengan margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya