SOLOPOS.COM - Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum Partai PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ketiga kiri) didampingi Sekjen Hasto Kristiyanto (kanan), Ketua DPP PDIP Puan Maharani (kiri), calon presiden Ganjar Pranowo (kedua kiri) dan calon wakil presiden Mahfud MD (kedua kanan) bertepuk tangan saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024). Rakernas ke-V PDIP Perjuangan yang dihadiri 4.859 orang itu bertemakan Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU

Solopos.com, SOLO — Sikap politik PDIP terhadap pemerintahan ke depan tidak disampaikan pada Rakernas V. Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, mengatakan, keputusan terkait hal tersebut akan disampaikan di forum tertinggi partai, yaitu kongres yang akan digelar pada 2025.

Dalam salah satu rekomendasi eksternal Rakernas V PDIP juga disampaikan bahwa keputusan sikap politik seluruhnya diserahkan ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Promosi KUR BRI Dorong Kemajuan Klaster Jambu Kristal di Purworejo

Di samping itu, Rakernas V ingin Megawati hanya jalin kerja sama dengan pihak yang menjunjung tinggi cita-cita Reformasi. Artinya, posisi PDIP masih abu-abu. Tidak ada sikap politik tegas yang disampaikan secara eksplisit kepada publik.

Megawati mengakui banyak pihak sudah menanti keputusannya soal posisi PDIP untuk lima tahun ke depan: oposisi atau malah bergabung ke pemerintahan.

Dia menceritakan sudah baca koran pagi ini yang membahas tentang pengumuman PDIP dalam penutupan Rakernas V. Meski demikian, dia masih mau menggantungkan penantian banyak pihak tersebut.

“Gue mainin dulu dong [sebelum diputuskan]. Setuju enggak?” tanya Megawati kepada ribuan kader PDIP yang hadir dalam penutupan Rakernas V PDIP, Minggu (26/5/2024).

Bagaimanapun, lanjut Megawati, sikap partai politik PDIP selalu diumumkan dalam ajang Kongres Partai. Sementara itu, calon presiden usung PDIP yaitu Ganjar Pranowo menyatakan karena sikap politik partai tidak disampaikan dalam Rakernas V ini maka akan diumumkan dalam forum partai yang lebih tinggi yaitu Kongres Partai.

“Pasti akan disampaikan di Kongres karena terkait dengan politik yang lebih besar,” kata Ganjar ditemui seusai penutupan Rakernas V PDIP.

Meski demikian, dia mengatakan bahwa banyak rekomendasi rakernas yang mencerminkan sikap politik PDIP. Dia mencontoh, Rakernas V PDIP merekomendasikan agar buat regulasi yang adil kepada pihak yang berada di luar maupun dalam pemerintahan.

Selain itu, pelaksana pemilu juga harus banyak diperbaiki karena PDIP merasa Pemilu 2024 merupakan kontestasi politik terburuk sejak Era Reformasi.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengungkapkan Kongres Partai akan digelar pada April 2025. Artinya, jika yang disampaikan Ganjar bener maka sikap politik PDIP baru akan diumumkan 11 bulan lagi.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Ganjar Soal Sikap PDIP Abu-abu Jadi ‘Oposisi’ Prabowo”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya