SOLOPOS.COM - Ketua TPN Ganjar Mahfud, Arsjad Rasjid, mengatakan putusan MKMK itu memulihkan martabat MK sebagai penjaga konstitusi. (Youtube INews)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, menanggapi hasil beberapa survei yang menunjukkan elektabilitas Ganjar-Mahfud Md. lebih rendah daripada Prabowo-Gibran.

Menurut Arsjad, hasil survei sejumlah lembaga itu menjadi bahan evaluasi pihaknya.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Evaluasi selalu dilakukan. Akan tetapi kami juga melakukan internal survei,” kata Arsjad seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Kamis (16/11/2023).

Dikatakan dia, internal survei tidak dipublikasikan tetapi dijadikan pembanding survei-survei eksternal.

Arsjad mengatakan TPN Ganjar-Mahfud perlu mengetahui metode serta pertanyaan di dalam setiap survei eksternal yang menunjukkan elektabilitas Ganjar-Mahfud lebih rendah daripada pasangan Prabowo-Gibran.

Dengan demikian, hasil survei tersebut dapat dijadikan arahan untuk perbaiki elektabilitas pasangan calon presiden/wakil presiden nomor urut 3 itu.

“Kami harus bertanya juga bagaimana metode dari survei itu? Apa pertanyaannya?” katanya.

Sebelumnya survei Polmatrix Indonesia menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran berpotensi menang satu putaran dengan elektabilitas mencapai 48,4 persen, Ganjar-Mahfud 26,6 persen, dan Anies-Muhaimin 17,3 persen.

Survei Indikator Politik Indonesia juga menunjukkan bahwa dalam simulasi tiga pasangan, elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dengan persentase 39,7 persen, Ganjar-Mahfud Md. 30 persen, dan Anies-Muhaimin 24,4 persen.

Hasil survei Indo Barometer menyebut Prabowo-Gibran berpotensi memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran dengan elektabilitas mencapai 34,2 persen, disusul elektabilitas Ganjar-Mahfud 26,2 persen, dan Anies-Muhaimin 18,3 persen.

KPU pada hari Senin (13/11/2023) menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa (14/11/2023), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya